Ribuan Jamaah Maulid Padati Pondok Pesantren Benteng Sidrap

Benteng (Humas Sidrap) - Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap adalah pesantren tertua di kabupaten Sidrap yang didirikan oleh ulama kharismatik Sulawesi Selatan Almagfurlahu Anregurutta KH. Abd. Muin Yusuf tahun 1974.

Di setiap bulan Rabiul Awal di penanggalan Hijriyah ummat Islam selalu memperingati hari kelahiran Baginda Mulia Rasulullah Muhammad SAW yang sudah populer di Indonesia yaitu Maulid. Sehingga Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng sejak didirikan sampai saat ini masih memegang teguh amalan tersebut.

Ketua Umum Pengurus Besar Darud Dakwah Wal Irsyad (PB DDI) Anregurutta Prof. Dr. H. A. Syamsul Bahri Galigo, MA mengunjungi Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap, untuk membawakan hikmah maulid Baginda Mulia Rasulullah Muhammad SAW 1445 H. Jumat, (27/10/2023)

Sejak bulan lalu Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap telah mempersiapkan kehadiran beliau yang merupakan salah satu tokoh nasional saat ini.

Menurut ketua panitia pelaksana Ustadz Baharullah, Lc., mengatakan bahwa kehadiran Anregurutta Prof sudah dijadwalkan sejak bulan lalu saat panitia rapat bersama unsur Pimpinan Pondok.

“Kehadiran Anregurutta sudah kita komunikasikan dengan beliau, waktu dan harinya diserahkan sepenuhnya kapan kosong dan lowong untuk hadir di pondok” ujarnya

Turut hadir pada Maulid tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidrap beserta jajarannya, Baznas Sidrap, MWC NU Baranti, Camat Baranti, Kepala KUA Kec. Kulo, Baranti dan Panca Rijang, Polsek Baranti, Danramil Baranti, Lurah Baranti, Kepala Madarsah MTsN Baranti, YMPI Rappang dan undangan lainnya. 

Hadir juga pada kegiatan itu Anregurutta KH. Rasyid Ridha Ambo Dalle, putra bungsu Almagfurlahu KH. Abdurrahman Ambo Dalle yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren DDI Kaballangan Pinrang, dan H. P. Surkati Muin yang juga merupakan putra bungsu Almagfurlahu Anregurutta KH. Abd. Muin Yusuf. Serta H. P. Saade tokoh masyarakat Benteng yang membantu Anregurutta KH. Abd. Muin Yusuf mendirikan pesantren Benteng.

Menurut informasi panitia pelaksana bahwa jumlah jamaah yang hadir pada maulid tersebut adalah 2000 jamaah, karena disamping undangan juga hadir orang tua wali santri Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng ditambah ribuan santri Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng Gurutta H. Suardi Latarebbi, Lc., MA., mengatakan bahwa kehadiran Anregurutta Prof. Syamsul sangat dinantikan oleh keluarga besar Pesantren Benteng.

“Kami yakin bahwa kehadiran Anregurutta Prof. Syamsul ke Benteng memberikan semangat dan motivasi yang tinggi bagi kami, karena Beliau sangat dekat dengat Almagfurlahu Almagfurlahu Anregurutta KH. Abd. Muin Yusuf semasa hidupnya, bahkan Beliaulah yang menemani Anregurutta Kali Sidenreng menyusun Tafsir Al Quran Bahasa Bugis”. Ungkapnya

“Dekat dengan ulama dan orang yang pernah dekat dengan ulama itu adalah berkah, khususnya Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng” tambahnya.(MN)


Daerah LAINNYA