Watampone (Humas Bone) – Mahasiswa Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone jurusan PGMI membanjiri ruang kantor Kamad MIN 8 Bone. Pasalnya mereka diberi tugas kelompok dalam semester II ini oleh Kartiano dosen pengampuh dengan mata kuliah Telaah Kurikulum untuk mendalami empat komponen penting yakni 1) Karakteristik satuan pendidikan, 2) Visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, 3) Pengorganisasian pembelajaran, dan 4) Perencanan pembelajaran . Berbekal acuan dasar tersebut, Ayu Astika Amhar beserta teman kelompoknya kemudian melemparkan pertanyaan kepada Harnidah untuk mengetahui lebih jauh implementasi pembelajaran di MIN 8 Bone.
Tugas ini diberikan agar dapat diselesaikan selama dua pekan kemudian disusun menjadi bahan presentasi untuk didiskusikan dengan kelompok lain yang melakukan pengamatan pada satuan pendidikan yang lain. Dari kegiatan pengumpulan data, mahasiswa berupaya untuk mengaitkan keempat komponen tersebut sehingga output yang diharapkan dapat mencapai tujuan sesuai yang direncanakan.
“Bagaimana dengan kegiatan pembelajaran yang diterapkan selama proses belajar-mengajar hingga melakukan penilaian?, tanya Ayu kepada Harnidah selaku narasumber.
“Kegiatan pembelajaran yang diterapkan dilaksanakan secara variatif dengan menggunakan berbagai sumber dan media belajar dengan tetap melibatkan berbagai alat-alat elektronik agar peserta didik mulai terbiasa belajar dengan dunia digital. Adapun penilaian dilakukan secara lisan, tulisan ataupun praktik disesuaikan dengan indikator yang ingin dicapai, “sambung Harnidah di ruangannya, Jumat (8/7/2022)
Mahasiswa yang merupakan dua kelompok kerja dengan jumlah sekitar sepuluh orang ini, secara bergantian melemparkan pertanyaan agar memperoleh data yang selengkap mungkin. Agar pertanyaan tidak terlalu melebar, keempat komponen di atas menjadi dasar dalam mengembangkan pertanyaan. (Febri/Ahdi)