Tim UKS MTs Darul Istiqamah Bulukumba Dapatkan Pembinaan dari Puskesmas Bontonyeleng

Tim UKS MTs Darul Istiqamah Bulukumba Dapatkan Pembinaan dari Puskesmas Bontonyeleng

Ponci, (Humas Bulukumba) -- Dalam rangka memantau perkembangan UKS baik tenaga UKS maupun sarana dan prasarana UKS yang layak, maka MTs Darul Istiqamah Bulukumba dapat pendampingan pembinaan dari tim puskesmas Bontonyeleng. Kamis, 30/11/2023.

Seluruh penanggung jawab komponen penilaian mengikuti arahan dan pendampingan dari tim Puskesmas. Sosialisasi dan pembinaan individual berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disepakati.

Sosialisasi dan  pendampingan pembinaan ini bertempat di ruang guru yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh penanggung jawab oleh tim puskesmas  yaitu pendidikan kesehatan diwakili Nurhayati, komponen pelayanan kesehatan oleh Windi Annisa, pembinaan lingkungan sekolah/madrasah sehat diwakili oleh Wilda Angraeni, dan komponen manajemen UKS  oleh Andriana.

Kepala Madrasah Tsanawiyah, Husniati saat ditanya usai kegiatan UKS menyampaikan" Pendampingan tersebut langsung dihadiri koordinator kegiatan UKS, Astrid dan Eni. Langkah pertama  dimulai oleh tim UKS dari Puskesmas menjelaskan dan mengurai satu persatu stratifikasi UKS tingkat SMP/Madrasah. Langkah kedua, pembuatan daftar list nama-nama peserta didik yang pernah masuk UKS selama 1 tahun dan sarana dan prasarana mana yang sudah memenuhi standar penilaian sesuai dengan petunjuk teknis dan mana yang belum. Langkah terakhir adalah pengecekan data peserta didik dan klasifikasi penyakit yang diderita."

Hadir dalam pendampingan tersebut, Kepala MTs Darul Istiqamah Bulukumba, Husniati  memberikan motivasi dan semangat kepada penanggung jawab Madrasah. Ia mengatakan " pengelolah UKS sebagai peran penting dalam membantu perawatan anak didik agar menjadikan Madrasah yang tidak hanya untuk memperluas ilmu tetapi juga  menyeimbangkan dengan bantuan kesehatan." Tuturnya.
 
Tambahnya Husniati usai tim puskesmas melakukan pendampingan menyampaikan "diharapkan dalam pendampingan ini, menjadi evaluasi bagi penanggung jawab UKS Madrasah yang dapat ditindaklanjuti segala kekurangan-kekurangan yang ada dalam kegiatan UKS. Sehingga tahapan pendampingan berikutnya bisa  mengalami kemajuan lebih lengkap sesuai dengan petunjuk teknis agar terwujudi Madrasah sehat". (Hnt/ARd)


Daerah LAINNYA