Untuk Melatih Jiwa Enterepteuner Siswa MTs Nashrul Haq Gelar Market Day


Pajalele (Humas Sidrap) - Madrasah Tsanawiyah Nashrul Haq Pajalele telah mengadakan kegiatan untuk mengisi waktu kosong pasca penilaian akhir semester bagi para peserta didik, salah satunya yaitu market day. Kegiatan ini berupa belajar membuat dan menjual berbagai hasil karya peserta didik utamanya dalam hal kreasi makanan dan minuman. Market Day ini di laksanakan dengan tujuan untuk mendidik peserta didik mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus mengenal mata uang serta penguatan karakter siswa. Senin,(11/06/2024).

Dalam kegiatan Market Day kali  ini berlangsung  di halaman Madrasah.Adapun kegiatan Market day kali ini di laksanakan oleh kelas 7a,7b,8a,dan 8b.

Tri Handayani menyamaikan bahwa Kegiatan Market Day diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah.

"Ada nilai religius, kemandirian dan gotong royong. Dari nilai religius, siswa dilatih untuk melakukan nilai-nilai kejujuran dalam proses jual beli sampai dengan laporan perolehan hasil. Wujud sikap mandiri dan gotong royong yaitu anak-anak diberi kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih dan menjajakan barang dagangannya," Ujarnya

Lebih Lanjut Tri Handayani, Madrasah hanya memberi rambu-rambu bahwa yang dijual dalam bentuk jajanan makanan dan minuman yang sehat. Pemilihan menu makanan dan minuman, serta konsep pemasaran dan manajemen usaha, diserahkan semuanya kepada siswa dengan arahan dari wali kelas masing-masing. Peserta didik diberi keleluasaan menggunakan lingkungan sekolah yang berupa halaman madrasah sebagai lokasi tempat membuka usaha mereka dalam acara Market Day tersebut.

“Kegiatan market day hari ini di laksanakan oleh kelas 7a,7b,8a dan 8b adapun produk yang di jual para peserta yaitu dari makanan dan minuman  yang jelas semua yang di sajikan adalah pp100% produk hasil tangan para siswa, selamat melaksanakan market day semoga kegiatan lancar dan aman," Ucap Kepala madrasah 

Di akhir waktu,beberapa peserta yang masih terdapat jajanan,mengobral jajanan mereka,yang dari harga dua ribu menjadi harga seribu yang seribu menjadi dua seribu.Anak-anak dan peserta sangat antusias dalam melakukan transaksi jual beli. (Ilha/ifha)


Daerah LAINNYA