Buka Pembekalan Calon PPG PAI, Kakanwil Ungkap Panjangnya Proses Antrian

Makassar, HUMAS KEMENAG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Muh. Tonang membuka kegiatan Pembekalan Calon Peserta Program Pendidikan Guru (PPG) angkatan  IV Tahun 2024 di  Hotel Denpasar Makassar, Kamis 20 Juni 2024.

Kegiatan yang digelar oleh Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kemenag Sulsel ini diagendakan berlangsung selama empat hari dan diikuti oleh guru PAI se Kota Makassar.

Dalam sambutannya, Tonang  membeberkan panjangnya masa tunggu untuk masuk pada daftar kuota Pendidikan PPG, serta masih banyaknya guru yang telah mendaftar di tahun 2022 namun belum masuk dalam daftar PPG.

“Saat ini antrian para guru PAI kita untuk masuk daftar PPG cukup panjang,  tentu ini butuh dicarikan solusi bersama,” ucap Tonang.

Dikatakan mantan Kepala Kemenag Kab. Maros ini, ada dua jalur yang dapat dilakukan untuk mengikuti PPG, yaitu salah satunya melalui jalur bantuan pemerintah.

“Alhamdulillah tahun ini melalui komunikasi dari Kabid PAIS dengan Walikota Makassar diberikan kuota PPG untuk guru PAI sebanyak 450 orang,” ungkapnya.

Kepada guru PAI yang mengikuti kegiatan ini, Tonang meminta agar serius, mengingat persentase kelulusan tahun-tahun sebelumnya hanya 70 Persen yang artinya setelah guru-guru mengikuti PPG masih ada kemungkinan tidak lulus.

"Tahun lalu yang ikut PPG persentase kelulusannya naik menjadi 98 persen, olehnya itu kegiatan pembekalan ini kita mulai dari awal dan harapan guru-guru nantinya dapat lulus semua,” taandasnya. (Arif/AB)


Wilayah LAINNYA