Guru BK Lingkup Kemenag Sulsel Dapat Pelatihan

Makassar (Humas Kanwil) Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter dan perkembangan siswa. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing dan memberikan dukungan kepada siswa dalam menghadapi berbagai tantangan dan masalah. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam bidang bimbingan konseling. Atas dasar tersebut Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas bekerjasama dengan Educators Without Borders International (EWBI) dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan Pelatihan peningkatan kapasitas Bimbingan Konseling bagi Guru Pesantren dan Madrasah.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 19 s.d 21 Februari 2024 di Aula lantai 2 Kanwil Kemenag Sulsel dimulai dengan pembukaan langsung oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan H. Ali Yafid. Pembukaan ini menjadi momen penting yang menandai dimulainya upaya peningkatan kapasitas para guru pesantren dan madrasah di Sulawesi Selatan.

H. Ali Yafid menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan peningkatan kapasitas seperti ini khususnya untuk Madrasah dan Pondok Pesantren dan mendukung jika ada kegiatan-kegiatan serupa yang akan dilaksanakan kembali dan bekerjasama dengan kanwil Kemenag Sulsel.

“Kegiatan seperti ini, dulu sering dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama.  Namun, sekarang kegiatannya terbatas karena masalah anggaran sehingga kami sangat menyambut baik kegiatan seperti ini yang dilaksanakan oleh YPMIC bekerjasama dengan Educators Without Borders International (EWBI) dan Kanwil Kemenag Sulsel” ujarnya.

Bimbingan konseling merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi diri, mengatasi masalah pribadi, dan mengambil keputusan yang tepat. Dengan pelatihan peningkatan kapasitas bimbingan konseling, guru madrasah akan dapat meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling yang diberikan kepada siswa. Mereka akan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang teknik-teknik bimbingan konseling yang efektif dan dapat mengaplikasikannya dengan baik dalam praktik sehari-hari.

Para peserta pelatihan berasal dari MAN 3 Makassar, MAN IC Gowa, Mts DDI darul Ihsan makassar dan beberapa perwakilan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, termasuk Sengkang, Luwu Timur, Gowa. (Ar)


Wilayah LAINNYA