Hadiri Pelantikan LP3KD, Kakanwil : Tanamkan Pesan Agama dalam Bentuk Kesalehan Sosial

Makassar, HUMAS KEMENAG - Sebanyak 36 Orang pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Sulawesi Selatan Periode 2023 – 2028 dilantik, Sabtu 22 Juni 2024.

Kegiatan yang digelar di di Aula Keuskupan Agung Kota Makassar ini dirangkaikan dengan Rapat Kerja Daerah Pengurus LP3KD Sulawesi Selatan tahun 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Muh. Tonang didaulat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut. Turut hadir PJ. Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Amson Padolo.

Dalam sambutannya, Tonang sapaan akrab Kakanwil, mengatakan bahwa kegiatan Pesparani bukan hanya sekedar perayaan semata oleh agama Katolik tapi banyak hal yang dapat diambil pada perayaan pesparani ini.

“Seluruh umat beragama, seluruh masyarakat khususnya umat katolik bisa belajar memahami isi kitabnya. Pesparani tidak terbatas pada perlombaan saja tapi pengamalan pada kehidupan sosial melalui nilai-nilai pesan agama yang dipelajari dalam bentuk kesalehan sosial,” ucapnya.

Ditambahkan, bahwa kaitannya dengan perlombaan, ajaran dan pesan-pesan keagamaan dipraktikkan dalam bentuk seni. “Semua kita sepakat bahwa seni adalah universal yang semua berkaitan dengan cinta, bisa berkaitan kecintaan terhadap kelembagaan kecintaan terhadap personal kepada negara dan terhadap tuhan tapi intinya seni adalah universal artinya semua umat manusia tidak ada sekat diantara kita," imbuhnya.

Mengimplementasikan ajaran agama dalam bentuk seni, sambung Tonang, merupakan kecintaan kita kepada Tuhan bahwa disitulah cinta yang universal dengan menyukseskan dalam bentuk seni.

Kehadiran Kakanwil Muh. Toang pada kegiatan ini diapresiasi oleh Uskup Agung KAMS Mgr. John Liku Ada. Hal tersebut disampaiakan dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan ini.

“Terima kasih kepada Bapak Kakanwil yang telah memberikan perhatian dan menyempatkan hadir pada kegiatan ini,” ucap Mgr. John Liku Ada. (Arif/AB)


Wilayah LAINNYA