Hadiri Penerimaan JCH Kloter 13 Embarkasi Makassar, Heni Suwardani Kenalkan Kantin Berkah DWP

Makassar, HUMAS SULSEL ~  Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulaweai Selatan Heni Suwardani Khaeroni menghadiri prosesi penerimaan Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 13 oleh PPIH embarkasi Makassar yang digelar di Wisma Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin 27 Juni 2022.

Kehadiriannya pada acara tersebut selain ingin menyaksikan langsung prosesi penerimaan JCH kloter 13 yang berjumlah 393 orang, asal Prov. Sulawesi Barat (Sulbar), juga untuk mendampingi koleganya, yakni Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulbar Farhana Muflih.

Kedua orang nomor satu di DWP Sulsel dan Sulbar ini hubungannya cukup dekat, bahkan keduanya acap kali terlihat hadir bersama pada suatu acara atau momen berskala regional maupun nasional.

Diketahui, kloter 13 ini diantar dan didampingi langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulbar Muflih Bahiq Fattah
dan diterima oleh Ketua PPIH Embarkasi Makassar Khaeroni yang juga menjabat sebagai Kwpala Kanwil Kemenag Sulsel.

Kepada koleganya Ketua DWP Kemenag Sulbar, Heni Suwardani memperkenalkan unit usaha Kantin Berkah yang dikelolah DWP Kanwil Kemenag Sulsel selama pemberangkatan JCH melalui embarkasi Makassar.

Momen pemberangkatan JCH melalui embarkasi Makassar ini ditangkap sebagai peluang oleh Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulsel, sehingga ia berinisiatif membuka unit usaha Kantin Berkah untuk menambah saldo kas organisasi dengan menyediakan aneka ragam menu, mulai dari minuman hingga kebutuhan makan.

"DWP kita upayakan mandiri. Tidak boleh selalu bergantung pada donasi dari lembaga atau bantuan perorangan. Untuk itu kita mencari dan menagkap peluang usaha yang ada seperti membuka Kantin Berkah ini," ucap Heni Suwardani.

Dikatakan bahwa DPW Kemenag Sulsel butuh anggaran dan dana yang cukup besar untuk menopang terlaksananya program yang telah diagendakan, seperti pembagian makanan pada setiap hari Jumat di masjid-masjid lewat program Jumat Berkah, atau kunjungan dan anjangsana ke panti asuhan maupun panti jompo.

Kantin Berkah ini pengelolaannya ditangani langsung oleh pengurus DWP Kanwil Kemenag Sulsel dengan menggandeng pihak ketiga yang selama ini telah menjadi mitra pada usaha kantin yang sama di Kantor Kemenag Jln Nuri Makassar. (AB)


Wilayah LAINNYA