Ikbal Ismail Sebut 1 Jemaah Haji Kloter 2 Asal Selayar Tertunda Kepulangannya Karena Sakit

Makassar, HUMAS KEMENAG – Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi – Debarkasi Makassar, H. Ikbal Ismail menyebut 1 jemaah haji asal kabupatn Selayat tertunda kepulangannya bersama kloter 2 karena sakit.

Hal tersebut disampaikan Ikbal dalam sambutannya pada seremoni penyerahan jemaah haji kloter 02 Debarkasi Makassar kepada perwakilan Pemerintah Daerah asal jemaah yang dilangsungkan di aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin 24 Juni 2024.

“Kami ucapkan selamat datang kembali di tanah air. Kloter 2 ini berangkat 450 jemaah, namun yang kembali saat ini 449 orang. Satu saudara kita yaitu Asisten III Kabupaten Selayar, Bapak Mustakim Kampili belum bisa pulang karena sakit,” ungkapnya

“Mari kita bersama-sama mendoakan beliau yang saat ini sedang menjalani perawatan di German Hospital Saudi Arabia kiranya diberi kesembuhan dan segera kembali ke tanah air,” ucap Ikbal menambahkan.

Selain itu, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel ini juga berpesan kepada jemaah agar senatiasa menjaga kemabruran hajinya sesampainya di daerah masing-masing.

“Mabur tidaknya haji bapak ibu nanti tercermin dari sikap dan tingkah lakunya setelah kembali kr lingkungam masing-masing. Jangan lagi gibah, perbanyak silaturrahmi dan luangkan waktu untuk salat berjamaah di masjid,” imbaunya.

Ikbal juga mengingatkan jemaah agar segera bergabung dalam organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di kabupaten masing-masing.

“Di setiap kabupaten - kota sudah ada. Melalui IPHI bapak ibu akan diberikan pencerahan-pencerahan agar kemabruran haji kita terpelihara,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Selayar, H.Arfan Arif yang bertindak selaku perwakilan Pemerintah Kab. Selayar, Kab. Sidrap dan Kota Makassar untuk menerima kloter 02 ini mengungkapkan empatinya atas ketidakpulangan Asisten III Kab. Selayar.

“Kami mohon kepada kita semua untuk mendoakan saudara kami Bapak Asisten III agar segera pulih kembali. Mudah-mudahan panitia terus berkomunikasi dengan pihak pemerintah Arab Saudi untuk memantau perkembangannya, dan kalau sudah sehat tolong segera kembalikan ke Selayar,” pintanya.

Diketahui, jemaah kloter 2 Debarkasi Makassar yang didominasi oleh jemaah haji asal Kabupaten Sidrap ini tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Senin 24 Juni 2024 pukul 21.57 WITA.

Kloter 2 ini terdiri dari 271 jemaah haji asal Sidrap, 118 jemaah Selayar dan 53 jemaah dari Kota Makassar. Mereka diterbangkan dari Madinah dengan pesawat GIA-1102. (AB)


Wilayah LAINNYA