PD Pontren Menggelar Sosialisasi SIM BOS Pesantren dan Persiapan Pendataan ANBK PKPPS

Makassar, Humas Sulsel- Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan Menggelar Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Bantuan Operasional Sekolah (SIM BOS) Pesantren dan Persiapan Pendataan  Asesmen Nasional Berbasil Komputer (ANBK) Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren dan Salafiyah (PKPPS), Selasa 09/07/2024.

Kegiatan yang bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sulsel ini menghadirkan pemateri dari  Sub Koordinator Sarana dan Kelembagaan Pesantren dan Kesetaraan Direktorat Pondok Pesantren Kementerian Agama R.I Miftahul Huda Lc, kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 09-10 Juli 2024.

Diketahui, SIM BOS adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk memantau dan mengawasi penyaluran penggunaan dana BOS. Aplikasi ini juga dipersiapkan untuk memfasilitasi pesantren dalam merencanakan, penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana BOS Pesantren.

Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel H.Mulyadi yang membuka langsung kegiatan ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan ini. "Perlu kami sampaikan bahwa kami sengaja mengundang semua pimpinan PKPPS dan Operator PKPPS ini selain untuk membahas Dana BOS juga akan ada pembahasan pendataan ANBK, Khusus hari ini kita akan bahas tentang Aplikasi  SIM BOS dan bsok kita akan bahas Pendataan ANBK" Ucap Mulyadi

H. Mulyadi juga menyampaikan bahwa Aplikasi SIM BOS ini adalah aplikasi baru yang tahun ini merupakan tahun pertama penggunaanya pada pengelolaan Dana BOS di Pondok Pesantren. "Tahun ini adalah tahun pertama penggunaan aplikasi SIM BOS untuk Dana BOS beda dengan Madrasah yang telah memulai sejak 2019 melalui aplikasi ERKAM". Ucapnya

"Memang ini aplikasi adalah hal baru bagi teman-teman PKPPS dan memang ini perlu satu persepsi karena mungkin dijuknis agak beda dengan diaplikasi, jadi kita perlu satu pemahaman agar kedepan tidak ada lagi teman-teman salah dalam pengelolaan Dana BOS dan semua yang belum jelas mengenai Dana BOS silahkan ditanyakan" Lanjutnya

Diakhir sambutannya Kabid PD Pontren berharap dengan adanya kegiatan ini penggunaan Dana BOS kedepan lebih baik, tidak lagi dipergunakan sesuai kemauan tapi harus sesuai kebutuhan dan harus wajib sesuai juknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 70 peserta diantaranya Admin Kab/Kota yang menangani Dana BOS, Pimpinan dan Operator Lembaga PKPPS dan Bendahara BOS dari 12 kabupaten Se Sulsel. (SU)


Wilayah LAINNYA