Penyelenggara Kristen Kemenag Makassar Adakan Workshop

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar (Inmas Makassar) - Penyelenggara Kristen Kantor Kementerian Agama Kota Makassar laksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen (GPAK) yang untuk pertama kalinya dikhususkan bagi guru yang berstatus sebagai Non Pegawai Negeri Sipil (Non PNS) digelar di Hotel Singgasana, Kamis (8/8/2019). 

Workshop yang rencananya berlangsung selama tiga hari tersebut menghadirkan guru Non PNS sebanyak 46 orang, utusan dari 20 sekolah negeri dan 26 sekolah swasta, dengan rincian 22 orang guru Sekolah Dasar (SD), 12 guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta 12 orang guru Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Penyelenggara Kristen Kemenag Kota Makassar, Merpati Sampeliling, S.Th. dalam laporannya sebagai Ketua Pelaksana mengungkapkan bahwa masih banyak sekolah yang belum memiliki guru agama Kristen, padahal Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 menegaskan bahwa peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama, ungkapnya di hadapan Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar, Dr. H. M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag., yang hadir untuk membuka secara resmi kegiatan. 

Ditambahkan, "Karena itu, guna mengantisipasi kurangnya guru agama Kristen di beberapa sekolah, maka diutuslah tenaga sukarelawan yang berlatar belakang pendidikan teologi, dan Puji Tuhan sekolah negeri maupun swasta merespon positif hal tersebut" imbuhnya. 

WhatsApp Image 2019-08-09 at 08.29.53 (5)

Lebih lanjut, Merpati mengungkapkan bahwa dasar pelaksana kegiatan workshop sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar nomor 816 tahun 2019 tentang pembentukan panitia Workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAK Non PNS Kota Makassar tahun 2019, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAK non PNS Kota Makassar, dan meningkatkan pemahaman terhadap kurikulum 2013 dan mampu mengimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas, jelasnya di hadapan 13 orang guru laki-laki dan 33 orang guru perempuan tersebut. 

Selain itu, sambugnya juga untuk meningkatkan tali persaudaraan antar guru PAK Non PNS se Kota Makassar dan melengkapi data yang terkait dengan Pendidikan Agama Kristen di Kota Makassar, terangnya melanjutkan. 

Ketua Panitia juga menyampaikan nama pemateri dalam kegiatan seperti Kakankemenag Kota Makassar,  Dr. H. M. Arsyad Ambo Tuo, M.Ag., Pembimas Kristen Kantor Wilayah Kemenag Sulsel, Marlin Naray, Kasubag TU Kantor Kemenag Kota Makassar, Drs. H. Abd. Rafik, M.Pd., Pengawas PAIS Kantor Kemenag, Sahdi, S.Ag, M.Pd., Dosen PAK Sekolah Tinggi Theologi Makassar, Dr. Sarce Sibarani, M.Pd.K. dan Gembala Sidang MRII Makassar, Melinda John Mesakh, S.Th. 

Diakhir sambutannya, Merpati mewakili seluruh panitia menguncapkan permohonan maaf kepada seluruh peserta jika selama pelaksanaan ada hal yang kurang berkenan, sekaligus meminta kesediaan Kakankemenag Kota Makassar untuk memberi sambutan dan arahan serta membuka secara resmi. (syh/wrd)

WhatsApp Image 2019-08-09 at 08.29.53


Wilayah LAINNYA