slot demo mirip asli Gelar PPDB, 100 Calon Santri Bersaing Raih 80 Kursi di PPTQ An-Nail Gowa
Kegiatan PPTQ An-Nail Gowa

Gelar PPDB, 100 Calon Santri Bersaing Raih 80 Kursi di PPTQ An-Nail Gowa

Calon santri didampingi ortu wali lalui tes wawancara

Bontomarannu (Humas Gowa). Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an An Nail Gowa melalui Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kembali menggelar seleksi masuk bagi calon santri baru untuk tahun ajaran 2024/2025, pada hari Ahad (21/4/2024).

Ketua panitia PPDB, Abdul Sadar saat dikonfirmasi oleh Tim Humas PPTQ An Nail di ruang kerjanya melaporkan bahwa antusiasme tampak jelas di wajah para calon santri.

Menurut Sadar, antusias dan semangat para calon santri yang mengikuti tes secara offline tampak dari mulai berdatangan dan padatnya area pondok sejak pukul 06.30 pagi, para santri sudah diantar dan ditemani langsung keluarga mereka. "Para calon santri ini berdatangan dari berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Selatan seperti Gowa, Takalar dan Makassar," ungkap Sadar.

Sadar yang juga staf TU di PPTQ An Nail ini menjelaskan bahwa khusus calon santri baru yang dari luar Sulawesi seperti Jawa, Kalimantan dan dari daerah lainnya yang tidak bisa hadir langsung di pondok maka seleksinya dilakukan secara daring untuk mengakomodir mereka.

Seleksi ini dimulai tepat pukul 08.00 pagi dengan 4 materi ujian yakni Baca Tulis Qur'an (BTQ), Bacaan Sholat, Wawasan Dasar Keislaman dan Wawancara (interview) calon santri dan orang tua/wali.

"Dan calon santri baru yang mendaftar tahun ini, kurang lebih 100 orang pendaftar untuk memperebutkan 80 kuota yang disediakan oleh pondok tahun ini," ulas Sadar.

Sementara itu, Arifuddin salah satu orang tua calon santri yang berhasil dihubungi oleh Tim Humas sesaat setelah ia mendampingi putranya tes wawancara mengungkapan harapan dan keinginan besar putranya mondok di POTQ An Nail.

"Saya sangat berharap semoga putra kami  setelah mengikuti rangkaian tes dan wawancara pada hari ini termasuk yang dinyatakan lulus saat pengumuman nanti. Ini tentu menjadi harapan besar kami dan tentunya juga seluruh orangtua yang mendaftarkan anaknya di sini," harapnya.

Arifuddin yang juga sebagai Wakamad Sarpras di MTs Negeri Gowa ini membeberkan keinginan besar dan cita-cita putranya untuk bisa masuk di pondok pesantren yang kemudian menjatuhkan pilihannya di pondok An Nail.

"Putra kami sejak dari kecil ingin masuk pondok karena ada keinginan besarnya  untuk menjadi seorang imam yang hafiz dan menjadi ulama yang menguasai ilmu agama. Semoga cita-cita ananda tercapai, Aamin," ungkap Arifuddin.

Rencana pengumuman hasil tes dijadwalkan pada hari Selasa (23/4/2024) melalui grup WA. Dan dilanjutkan dengan daftar ulang bagi santri yang dinyatakan lulus akan dibuka selama 3 hari dari tanggal 24 s.d 26 April 2024.(NS/OH)


Daerah LAINNYA