Guru MTsN 1 Bulukumba Diagnosa Kesulitan Belajar Siswa Melalui Penilaian Harian

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Bontomacinna, (MTsN 1 Blk) - Di awal November 2017 ini beberapa guru telah mengadakan Penilaian Harian termasuk guru mata pelajaran Bahasa Arab pada setiap tingkatannya.

Penilaian Harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih.

Penilaian Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Penilaian harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.  Pekan ini guru mata pelajaran Bahasa Arab Erna Erawati melakukan penilaian harian tertulis.

Frekuensi dan bentuk penilaian harian dalam satu semester ditentukan oleh guru sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi. Sebelumnya guru mapel Bahasa Arab telah melaksanakan penilaian harian keterampilan bercakap. Sebagai tindak lanjut penilaian harian, yang diperoleh dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diolah dan dianalisis oleh guru.

Hal ini dimaksudkan agar ketuntasan belajar siswa  pada setiap kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh guru. Seperti yang disampaikan oleh guru Bahasa Arab bahwa  apabila selesai diadakan penilaian harian keterampilan bercakapnya ada siswa yang belum tuntas, siswa dapat diberikan bimbingan agar pada penilaian harian berikutnya bisa tuntas.

Dengan demikian penilaian harian tertulis ini dapat diikuti dengan program tindak lanjut baik remedial atau pengayaan, sehingga perkembangan belajar siswa dapat segera diketahui sebelum akhir semester.

“Penilaian harian ini juga berfungsi sebagai diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa” ungkap Erna Erawati saat selesai melaksanakan penilaian harian tertulis

Penilaian harian tertulis direncanakan berdasarkan pemetaan KD dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan minimal satu kali dalam satu tema untuk setiap KD muatan pelajaran. Hal itu memungkinkan penilaian harian dilakukan untuk KD satu muatan pelajaran atau gabungan KD-KD beberapa muatan pelajaran sesuai kebutuhan. Sebagaimana yang disampaikan oleh pemateri pada MGMP semua mata pelajaran pada umumnya dan MGMP mata pelajaran Bahasa Arab khususnya. (Erna/arf)


Daerah LAINNYA