slot demo mirip asli Kemenag Lutra Sabet Juara 2 dan 3 Lomba Film Dokumenter Agama dan Budaya Tingkat Provinsi
Kemenag Luwu Utara

Kemenag Lutra Sabet Juara 2 dan 3 Lomba Film Dokumenter Agama dan Budaya Tingkat Provinsi

Masamba, (Humas Lutra) -- Kemenag Luwu Utara sekali lagi menunjukkan prestasi luar biasa dalam bidang film dokumenter dengan meraih juara 2 dan 3 pada Kompetisi Film Pendek Islam (KFPI) tingkat provinsi dengan tema Agama dan Budaya yang diadakan oleh (Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan).

Juara kedua diraih oleh film dokumenter berjudul "Napak Tilas Datuk Patimang dan Andi Patiware." Film ini menggambarkan perjalanan sejarah dua tokoh penting dalam budaya Luwu Utara, Datuk Patimang seorang ulama dan Andi Patiware seorang Raja. Melalui narasi yang kuat dan visual yang menawan, film ini membawa penonton untuk merenung tentang warisan budaya yang kaya di daerah ini.

Sementara itu, juara ketiga diberikan kepada film dokumenter yang berjudul "Tradisi Adat Rongkong: Pembagian Harta Warisan Mana' Simanai'." Film ini mengangkat tradisi adat unik yang masih dilestarikan dengan konsisten oleh masyarakat Rongkong, yaitu pembagian harta warisan yang dikenal sebagai "Mana' Simanai'." Dalam film ini, penonton dapat melihat pembagian harta warisan yang dibagi berdasarkan tradisi adat.

Kedua film ini dibuat oleh Rahmat Aries, perencana ahli pertama yang juga berperan sebagai sutradara dalam pembuatan film. Ia berhasil menggabungkan elemen-elemen kreatif yang kuat dengan pesan-pesan kearifan lokal dalam film-film ini. Editan yang apik oleh Fikar Muasbin, pustakawan Mts Negeri luwu Utara menjadikan film ini lebih baik. 

Kantor Kementerian Agama Kab. Luwu Utara mengapresiasi  kepada tim pembuat film atas prestasi luar biasa ini. "Kami sangat bangga dengan karya-karya hebat ini yang mampu mengangkat kekayaan budaya dan adat istiadat Luwu Utara. Semoga film-film ini bisa menjadi inspirasi bagi kaum muda milenial untuk melestarikan nilai-nilai budaya kita yang luar biasa," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara M. Rusydi Hasyim.

Prestasi gemilang Kementerian Agama Kab. Luwu Utara dalam lomba film dokumenter ini menunjukkan komitmen Kemenag dalam melestarikan dan mempromosikan warisan budaya dan agama serta moderasi beragama. Semoga dengan adanya keberhasilan dapat memotivasi generasi muda milenial untuk terlibat dalam meningkatkan kepekaan sosial khususnya agama dan budaya serta moderat dalam beragama.

Bagi yang ingin menyaksikan kedua film tersebut, bisa mengklik tautan di bawah ini :

Tradisi Adat Rongkong: Pembagian Harta Warisan Mana Simanai : https://www.youtube.com/watch?v=eyZm4NamSTA

Napak Tilas Datuk Patimang dan Andi Patiware : https://www.youtube.com/watch?v=6NumCqEA80o


Daerah LAINNYA