Pegawai Kemenag Bulukumba Divaksin, Banyak Yang Dumba-Dumba

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Bulukumba, (Humas Kemenag) – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Kesehatan melaksanakan vaksin kepada pegawai yang melaksnaakan pelayanan umum termasuk pegawai Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba jum’at ((12/03) di aula Bappeda Bulukumba. Pemberian vaksin ini merupakan 

Proses vaksin dimulai dari registrasi peserta vaksin berupa pendataan nama, alamat, instansi hingga penginputan nomor induk kependudukan oleh petugas registrasi yang kemudian mengarahkan peserta ke tahap screening yang mengukur tensi dan melakukan wawancara kesehatan yang menjadi indikator boleh tidaknya peserta mendapatkan suntikan vaksin.

Ditahap screening inilah, banyak peserta yang memgutarakan keraguannya, khawatir, takut (dumba-dumba) karena informasi yang diperoleh sebelumnya dari media sosial, vaksin ini memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan berujung kematian dan ada pula yang menanyakan sakit atau tidak jika disuntik.

Petugas screening yang berprofesi sebagai dokter menjelaskan bahwa vaksin memang memiliki dampak yang berbeda bagi setiap orang, ada yang akan merasa mual, pusing, dan dampak lainnya sebagaimana biasanya pasca disuntik imunisasi. “seperti imunisasi, efeknya berbeda setiap orang dan kalau disuntik sepertiji digigit semut” jelas petugas screening.

Peserta kemudian mendapatkan suntikan dan dokter yang melakukan suntik vaksinasi meminta agar peserta menunggu pada tempat yang telah disediakan selama 30 menit untuk diobservasi pasca vaksinasi.

Kepala Subbagian Tata Usaha Kankemenag Bulukumba H. Arifin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Kemenag Bulukumba yang terdiri dari Kepala Seksi, penyelenggara, Kepala KUA, Kepala madrasah negeri, penyuluh dan penghulu PNS, staff pelaksana Kankemenag, dan pegawai honorer pada Kankemenag Bulukumba yang telah berpartisipasi pada vaksinasi ini.

Ia menyampaikan vaksinasi hari ini adalah pembelian vaksin dosis pertama dan dosis kedua akan direncanakan akan diberikan empat belas hari ke depan, tanggal 26 Maret 2021. “kepada yang sudah divaksin hari ini, empat belas hari ke depan kita akan divaksin dosis kedua, janganki lupa bawa kartu vaksin yang diberikan hari ini untuk vaksin dosis kedua nanti. Pemberian 2 dosis vaksin Covid-19 merupakan upaya memperoleh kekebalan maksimal ” tutur H. Arifin menjelaskan kembali arahan dokter.

Cleaning service kantor Kemenag Bulukumba, Muh. Ilyas, yang telah mengikuti vaksinasi menyampaikan bahwa ada efek dirasakannya setelah memperoleh suntukan vaksin seperti pusing dan mengantuk. “pusing dan mengantukka kurasa, tapi pada saat disuntik, naciddaka itu dokter, tidak ada aba-abana” kata Ilyas menjelaskan pengalamannya di vaksin.


Daerah LAINNYA