Maccorawalie, (Humas Pinrang) – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pinrang menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pinrang. Jalan Bintang Kelurahan Maccorawalie, Selasa, (19/11/2024)
Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Pinrang, H. Syahrir Haruna, yang juga bertindak sebagai narasumber utama.
FKP ini merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 19 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan FKP di Lingkup Instansi Pemerintah. Forum ini diwajibkan melibatkan masyarakat dan pengguna layanan untuk menciptakan sistem pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel.
Dalam sambutannya, H. Syahrir Haruna menyampaikan bahwa FKP bertujuan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat melalui perwakilan yang hadir. "Hasil dari kegiatan ini akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dan publik lainnya yang terkait dengan masyarakat," ungkapnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh H. Syahrir Haruna yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Survei Kepuasan Masyarakat. Ia menekankan pentingnya FKP sebagai agenda evaluasi terhadap pelayanan publik yang telah berjalan. “Melalui pertemuan ini, tingkat kepuasan masyarakat diperbarui untuk memastikan pelayanan publik lebih relevan dan maksimal” tambahnya
Pada sesi tanya jawab, sejumlah perwakilan masyarakat turut memberikan masukan dan pertanyaan. Di antaranya, Imam Masjid Lanrisang Alimin, Ketua MUI Abd. Salam Latarebbi, Ketua Baznas H. Muhammad Tayyeb, Kepala KUA Duanpanua Anshar Ali, Kepala KUA Mattiro Sompe Idris Muhammad, Kepala KUA Lanrisang H. Usman, serta perwakilan dari BSI Polman, Suwarman.
Masukan dari para peserta diharapkan menjadi langkah konkret untuk perbaikan pelayanan publik di Kementerian Agama Kabupaten Pinrang, sehingga semakin sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kegiatan FKP ini pun menegaskan komitmen Kemenag Pinrang dalam memberikan pelayanan terbaik dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. (WH)