Guru Matematika MTsN 5 Bulukumba, Lakukan Refleksi Dalam Proses Pembelajaran

Nampak Jurhani, S.Pd Melakukan Refleksi Saat Proses Pembelajaran Matematika dikelas VIII,1

HERLANG, (Humas Bulukumba) - Refleksi pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar dalam bentuk penilaian tertulis dan lisan oleh guru untuk siswa dan oleh siswa untuk guru untuk mengekspresikan kesan konstruksif, pesan, harapan, dan kritik terhadap proses pembelajaran.

Hal tersebut dilakukan Jurhani, S.Pd Guru ASN PPPK yang ditempatkan di MTsN 5 Bulukumba saat proses pembelajaran dikelas VIII,1. Selasa, 19/07/2022

Menurutnya, melalui refleksi diperoleh informasi positif tentang bagaimana guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta bahan observer untuk mengetahui sejauhmana hasil belajar dicapai. Selain itu kegiatan ini dapat membawa kepuasaan siswa.

"Kegiatan refleksi ini Saya lakukan untuk mengetahui sejauhmana siswa memahami materi yang diajarkan" ungkapnya saat ditemui Humas

Dirinya menuturkan manfaat refleksi yang sangat berguna bagi sebuah aktivitas pembelajaran, baik manfaat untuk siswa maupun guru, diantaranya adalah Guru, Aktivitas refleksi bisa berguna sebagai peninjauan pada sebuah kelompok atau kelas yang berguna untuk menggambarkan situasi dan kondisi dari sebuah kelas sehingga potensi setiap individu dan sebuah kelompok bisa lebih terlihat.

Hal tersebut bisa untuk meningkatkan kegiatan evaluasi yang berlanjut dan berjenjang. sementara untuk siswa, Aktivitas refleksi bisa berguna untuk siswa untuk menyalurkan ungkapan dari proses pembelajaran yang berlangsung dan dilakukan. Apakah proses pembelajaran berlangsung baik atau tidak.

Aktivitas refleksi pada sebuah pembelajaran mempunyai tujuan yang esensial, yakni, menilai bagaimana respon siswa dalam sebuah pembelajaran atau penyampaian sebuah materi; agar guru bisa memahami apa saja kelemahan dan kekurangan dari sebuah pembelajaran yang telah dipresentasikan di kelas, memahami akurasi sebuah model, pendekatan, strategi, taktik dan metode pembelajaran yang telah diimplementasikan, memahami apa saja keperluan dan kemauan dari siswa secara detail. Ini berfungsi untuk guru bisa membuat pembelajaran yang lebih efektif dalam kesempatan selanjutnya. (Idr/Jhn)


Daerah LAINNYA