Hj. Kamariah : Pembelajaran Itu Kontekstual Bukan Konseptual

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Salomallori (Inmas Sidrap) Pembelajaran yang baik harus ditunjang oleh perangkat pembelajaran yang baik pula namun apalah arti perangkat yang baik jika pembelajaran tidak sesuai dengan perangkat.

Hal ini mengharuskan kepala madradah dan pengawas bersinergi demi tercapainya pendidikan yang bermutu salah satu jalan yang dilakukan adalah melakukan supervisi baik administrasi maupun supervisi kelas. Kali ini Pengawas Madrasah wilayah Timur Wahidah Saidu, S.Pd.I., M.Pd.I. mensupervisi guru-guru MTsN 3 Sidenreng Rappang. Jumat, (15 /3/ 2019).

Supervisi yang dilakukan saat ini adalah supervisi administrasi nantinya akan dilanjutkan supervisi kelas. Pengawas berharap agar guru dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang sudah dibuat

Seiring kegiatan tersebut Hj. Kamariah selaku nahkoda MTsN. 3 Sidrap menegaskan bahwa guru harus melakukan pembelajaran kontekstual bukan konseptual sehingga anak didik semakin betah belajar, Contoh kecil saat mengajar Bahasa Indonesia misalnya, lanjut Hj. Kamariah, anak didik membuat puisi dalam bentuk kelompok setelah selesai dipajang kemudian kelompok lain berkunjung dan memberikan komentar terhadap kelompok yang dikunjungi, artinya metodologi ini hidup,  sehingga pembelajaran tersebut dan tidak  tidak monoton lagi, tegasnya.

Jika hal ini dilakukan oleh guru, tambah Wahida Saidu saya yakin semua siswa akan senang dan betah belajar, guru juga enak dalam mengajar,ujarnya.(al/ah/wrd)


Daerah LAINNYA