Masamba, Humas Lutra - Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Abdul Khalik Siaman, Membuka secara resmi pelaksanaan Assesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) dalam lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara , Senin 24/6/2024 bertempat di ruang laboratorium komputer MTsN LuwuUtara
Kegiatan ini dilakukan pada guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai metode pengukuran yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan kemampuan pedagogik dan profesional GTK madrasah.
Dalam sambutan dan arahannya Abdul Khalik menyampaikan kepada peserta tentang pentingnya kegatan ini.
“Hasil asesmen ini nantinya dapat digunakan untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi GTK dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Madrasah,” terang Khalik.
“Jangan dianggap enteng, ikuti kegiatan ini dengan serius, dan ikuti secara keseluruhan sampai finish” pesannya
Ditemui saat melakukan pengawasan mendampingi Kakan Kemenag Lutra di hari kedua, Selasa, 25/6/2024, Muh. Alwi, menerangkan bahwa Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, setiap harinya ada 3 sesi.
"Asesmen ini digelar selama dua hari , kemarin dan hari ini, ada tiga sesi setiap harinya” terang Muh Alwi Kasi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara.
Sesuai Juknis AK GTK Madrasah sendiri digelar untuk memperoleh lima kategori data. Pertama, data kompetensi pedagogik dan profesional guru madrasah. Kedua, data kompetensi manajerial, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan, dan pengembangan kewirausahaan kepala madrasah.
Ketiga, data kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan pengawas madrasah. Keempat, data kompetensi bidang keahlian/keterampilan tenaga kependidikan lainnya. Kelima, data pemetaan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
Kegiatan Assesmen diikuti oleh guru, Kepala Madrasah, Pengawas, dan Tenaga Kependdikan Lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara. Nrd