Kemenag Pinrang Gelar Bimtek Service Excellent untuk Petugas Pelayanan

Kemenag Pinrang Gelar Bimtek Service Excellent untuk Petugas Pelayanan

Bimtek Service Excellent: Aula Kantor Kemenag Pinrang

Maccorawalie, (Humas Pinrang) - Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Pinrang, H. Muhammad Ihwan, membuka kegiatan Bimbingan Teknis  Service Excellent bagi petugas pelayanan unit PTSP Kantor Kemenag Pinrang dan KUA Kecamatan se-Kabupaten Pinrang di Aula Kantor Kemenag Pinrang pada Senin (24/06/2024).

Dalam sambutannya, H. Muhammad Ihwan menekankan pentingnya pelayanan prima atau service excellent, yang mampu memberikan layanan di atas harapan yang diinginkan oleh masyarakat.

"Pelayanan prima menjadi target yang harus dicapai setiap organisasi untuk menghasilkan pelayanan jasa yang optimal," ungkapnya.

Menurut Ihwan, kualitas pelayanan di instansi pemerintah dan kementerian/lembaga masih perlu ditingkatkan agar bisa setara dengan service excellent yang diterapkan di sektor perbankan, khususnya di Bank BRI. "Atas dasar itulah lewat kegiatan ini, kita akan menerima ilmu tentang pelayanan publik dan pelayanan prima dari perspektif orang bank," jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asrul dan Febrina Simanjuntak dari Tim BRI Cabang Pinrang yang menjadi narasumber. Ihwan menyampaikan terima kasih kepada kedua narasumber tersebut atas kesediaannya berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Peserta Bimtek dibekali dengan pengetahuan dan trik untuk memberikan pelayanan terbaik, mengadopsi 5 budaya kerja BRI yang dikenal dengan akronim "SMART" (Sigap, Menarik, Antusias, Ramah, Teliti). Berikut penjelasan budaya kerja SMART yang diharapkan bisa diimplementasikan oleh petugas Kemenag:

Sigap: Sikap siap sedia dalam membantu segala kebutuhan pengunjung dengan respons cepat, bertanggung jawab, disiplin, dan tepat waktu.

Menarik: Memiliki kecerdasan, profesionalisme, sikap, dan semangat yang menjadi daya tarik.

Antusias: Bersemangat dalam memberikan kontribusi terbaik dan menggunakan kreativitas untuk menghasilkan inovasi, seperti menyambut dan melayani dengan sepenuh hati.

Ramah: Menunjukkan rasa hormat dan ramah yang tulus, berperilaku 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), dan menggunakan bahasa yang baik dalam berinteraksi dengan siapa saja, terutama tamu.

Teliti: Menjunjung tinggi integritas dalam bekerja, serta mematuhi ketentuan yang berlaku dan kode etik.

Asrul, salah satu narasumber, berharap para peserta dari perwakilan tiga orang KUA Kecamatan dan petugas layanan di PTSP Kantor Kemenag Pinrang tidak hanya memahami materi, tetapi juga mampu mengaplikasikan ilmu yang diterima dalam kegiatan ini. "Kami berharap kegiatan hari ini bisa memberikan bekal bagi petuga layanan di PTSP lingkup Kemenag Pinrang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bisa memiliki predikat pelayanan terbaik," tuturnya.

Acara yang dipandu oleh Muthmainnah juga selaku Ketua Pokja pengawasan ZI Kemenag Pinrang, ini berlangsung meriah dengan simulasi pelayanan yang diperagakan dua orang peserta diantaranya Nurhasmi Saing PTSP Kemenag Pinrang dan Fathur perwakilan peserta dari KUA Kec. Cempa. 

Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan pelayanan publik di Kementerian Agama Kabupaten Pinrang dapat meningkat dan memenuhi ekspektasi masyarakat, sejalan dengan standar service excellent yang diterapkan di sektor perbankan. (WH)


Daerah LAINNYA