Keuangan Kemenag Parepare Sosialisasikan Aplikasi SPRINT Dalam Rapat

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Parepare, (Inmas Parepare) – Bertempat di Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Parepare kembali mengadakan pertemuan yakni rapat internal bersama para kepala seksi, pengawas serta staf bagian keuangan, Senin (28/10/2019).

Dalam pengarahannya, kepala kantor Kemenag Parepare, H. Abdul Gaffar menyampaikan jika rapat internal di lingkup Kemenag Parepare akan dilaksanakan minimal 2 kali dalam sebulan yang bertujuan untuk menilai capaian kinerja dalam pelaksanaan kegiatan di setiap seksi/penyelenggara/satker, serta melaporkan capaian kinerja dari masing-masing satker.

“Rapat internal akan kita laksanakan minimal 2 kali dalam sebulan yang bertujuan agar para seksi serta penyelenggara dapat saling sharing, mengemukakan permasalahan yang dihadapi serta mencari solusi untuk dapat dibicarakan bersama sebelum akhirnya dilaporkan kepada kepala kantor”, ungkap kakan Kemenag.

Selain itu dalam rapat juga dibahas bagaimana Rencana Kerja Kegiatan satu minggu ke depan untuk masing-masing satker serta mengevaluasi hasil kerja satu minggu yang lalu.

Untuk rencana kerja satu minggu ke depan, maka para pimpinan satker dan penyelenggara harus membuat suatu Perkiraan Pencairan Dana Harian atau Rencana Pencairan Dana yang wajib dilaporkan sebelum pemasukan SPM, hal ini bertujuan agar ada kontrol terhadap sisa dana yang mana akan berhubungan dengan Laporan Realisasi Anggaran pada akhir Tahun. Begitupun  dengan pelaksanaan kegiatan yang telah terealisasi  agar para pimpinan satker dan penyelenggara harus dapat mengadakan evaluasi sebelum laporan kegiatan tersebut dibuat dalam suatu dokumen pertanggungjawaban.

Salah satu agenda rapat pada kesempatan tersebut yakni sosialisasi Aplikasi SPRINT oleh bagian keuangan.

Aplikasi SPRINT adalah Sistem Rekening Terintegrasi yang berbasis web, dikeluarkan oleh Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan yang digunakan untuk memudahkan proses izin pembukuan rekening pemerintahan dan pelaporan pertanggungjawaban bendahara. Hal ini perlu mengingat bahwa pengendalian rekening bendahara satker merupakan hal yang penting bagi bendahara umum negara, karena kadangkala laporan saldo rekening tidak sinkron dengan laporan pertanggungjawaban bendahara. Oleh karena itu tujuan dari aplikasi ini adalah para satuan kerja dapat mempermudah dalam menyelesaikan laporan keuangannya serta  tepat waktu.

Di akhir rapat, juga dibahas langkah-langkah yang berhubungan dengan hal pencairan di akhir tahun. Beberapa hal mendesak yang berhubungan dengan rencana pelaksanaan akhir tahun, termasuk beberapa langkah-langkah akhir tahun yang berhubungan dengan hal pencairan. Untuk Pengajuan SPM  Kontraktual  maupun Non Kontraktual telah disusun jadwal pencairannya hingga pencairan akhir tahun (PER-13/PB/2019). (fit/win)

 

 

 


Daerah LAINNYA