Menarik, Pembelajaran Ramadan di MTs DDI Labukkang Diselingi Kuis

Menarik, Pembelajaran Ramadan di MTs DDI Labukkang Diselingi Kuis

Parepare, (Humas Parepare) – Untuk menghindari rasa jenuh bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran di bulan suci Ramadan, maka guru MTs DDI Labukkang melakukan inovasi agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan tetap semangat sampai hari terakhir nantinya.

Salah satu inovasi yang dilakukan yakni adanya game kuis setelah penyajian materi puasa pada hari ketiga, Jumat, 15 Maret 2024.

Kegiatan diawali dengan penyajian materi oleh Hasmaini, selaku pembimbing materi puasa yang juga merupakan guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di madrasah ini. Materi puasa disajikan di Proyektor LCD berupa slide dan video. 

Di awal pembelajaran, Hasmaini memberikan apersepsi, yakni mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi puasa Ramadan.  Kemudian dilanjutkan materi inti yakni penjelasan mengenai: pengertian puasa, hukum puasa, sunah puasa,  rukun puasa, syarat sahnya puasa yang disertai dengan contoh. Peserta didik dengan cermat memerhatikan penjelasan dari pembimbing, sambil mencatat, bahkan beberapa siswa menggunakan kesempatan bertanya, terkait pengalaman mereka ketika berpuasa.

Setelah penyajian materi dilanjutkan dengan pemberian kuis yakni siswa diberikan pertanyaan pemantik sebanyak 20 soal, berupa pilihan ganda terkait dengan materi-materi yang telah disajikan di awal pembelajaran tadi. Materi soal dibuat di Aplikasi Quizizz pada fitur paper mode quizizz atau mode kertas. Fitur ini membantu peserta didik melakukan evaluasi secara mudah tanpa smartphone dan data internet. Pemberian kuis dipandu oleh Kharlina Mathar, yang juga merupakan pembimbing materi puasa.

“Anakku sekalian, untuk menjawab soal kalian dapat kartu QR, yang sudah diprint dari aplikasi quizizz, di kartu QR ini ada nomor siswa yang berbeda dari setiap siswa sesuai dengan urutan  presensi,”ujar Kharlina Mathar saat menjelaskan teknis menjawab soal kuis.

Pertanyaan nomor satu mulai ditampilkan di layar komputer, sambil dibacakan juga oleh guru, kemudian ketika menentukan pilihan jawaban, kartu QR ini diputar oleh siswa sesuai dengan jawaban yang mereka anggap benar, karena di kartu tersebut tertera jawaban pilihan A, B, C dan D. 

Setelah mereka yakin dengan jawabannya, kartu QR dipegang menghadap ke depan, mesti tegak, jangan miring atau terhalangi dan tidak boleh terlipat, selanjutnya guru mengarahkan ponselnya pada masing-masing kartu QR siswa, untuk memindai jawaban. Hasil dari kuis akan diketahui melalui laporan pada dashboard kuis di Quizizz pada ponsel guru. Jawaban yang benar akan tampak berwarna hijau sedangkan jawaban salah berwarna merah. Skor masing-masing siswa akan muncul di akhir, setelah menyelesaikan seluruh soal disertai dengan rank (nilai tertinggi-terendah).

Suasana pembelajaran menjadi seru, asyik dan interaktif. Peserta didik dengan semangatnya menjawab soal demi soal. Salah seorang siswa kelas VII, Digi Saputra, menyatakan rasa senangnya. "Pembelajaran sangat menarik dan menyenangkan, dengan quiziz ini kita bermain sambil belajar,"tandasnya.

Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sudah semestinya menjadi hal mutlak dilakukan oleh guru karena mencari ilmu saat ini bukanlah hal sulit karena banyaknya media yang bisa dijadikan sumber ilmu, sehingga guru harus inovatif mencitakan kondisi belajar yang menyenangkan agar siswa tidak jenuh dan mencari sumber ilmu yang lain.(Rs/Wn)


Daerah LAINNYA