slot demo mirip asli MIN 2 Tana Toraja Gelar Simulasi AKMI

MIN 2 Tana Toraja Gelar Simulasi AKMI

Gandangbatu Sillanan(Humas Tana Toraja) Simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia kembali digelar pada hari ini di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tana Toraja,Senin 12 September 2022.

AKMI ini merupakan Aplikasi Ujian berbasis Online dan Semi online yang diluncurkan oleh Kementrian Agama Republik  Indonesia dimana sebelum adanya Aplikasi AKMI ini, Madrasah yang ada dibawah naungan Kemenag menggunakan  Aplikasi ANBK(Assesmen Nasional Berbasis Komputer )yang mana  Aplikasinya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional .

Asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil ini dapat digunakan guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun rancangan proses pembelajaran.

Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, serta kesadaran bagaimana sains dan teknologi mempengaruhi manusia dan lingkungan.

Literasi sosial budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa, termasuk kemampuan untuk menerima dan beradaptasi, serta bersikap secara bijaksana atas keberagaman.
AKMI dilaksanakan dengan online dan semi online. Dengan menggunakan Computer Basic Test (CBT).

Asesmen yang dilaksanakan tahun ini tetap merujuk pada peserta didik  SD/MI yang saat ini duduk di jenjang kelas 5 sedangkan jenjang Mts peserta didiknya kelas 8 dan kelas 11 untuk jenjang MA. Ini merupakan program berkelanjutan Kementerian Agama terutama pada satuan pendidikan binaannya.

Aplikasi PD-AKMI tingkat satuan pendidikan, Siswa dapat mengerjakan soal CBT AKMI dengan menggunakan komputer, Laptop, tablet atau handphone android dengan membuka Browser Google Chrome.

Dalam gladi ini peserta didik dibagi kedalam dua sesi dimana sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.00-10.00 sedangkan pada sesi kedua dilaksanakan pada pukul 01.00-02.00. Pada kesempatan tersebut  para peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan kali ini karena ini merupakan sesuatu yang baru yang dirasakan oleh mereka.(Junaedi Lendang/Humas MIN 2 TANA TORAJA).


Daerah LAINNYA