Pelaksanaan ANBK Hari Kedua MTsN Pinrang Dalam Pantauan Literasi

Pelaksanaan ANBK Hari Kedua MTsN Pinrang Dalam Pantauan Literasi

Paleteang, (Humas Pinrang) - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024 di MTsN Pinrang memasuki hari kedua pada Selasa, (10/09/2024)

Dalam pantauan Literasi, sebanyak 45 peserta didik kelas VIII MTs Negeri Pinrang melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di ruang kelas IX Digital. Sistem pelaksanaan ANBK 2024 di hari kedua ini sama dengan hari pertama, yaitu dengan 45 peserta yang dipilih secara acak oleh Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbud. Peserta tersebut dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi 1 sebanyak 15 peserta dari pukul 07.00-09.40 WIB, sesi 2 pukul 10.40-12.40 WIB sebanyak 15 peserta dan sesi 3 pukul 14.20-16.30 WIB sebanyak 15 peserta.

Pada hari kedua ini, para siswa kembali mengikuti asesmen dengan materi yang berbeda dari hari pertama. Fokus utama pada sesi hari kedua adalah peningkatan keterampilan numerasi dan survey lingkungan belajar, yang merupakan bagian penting dalam pengukuran kompetensi akademik mereka.

Pelaksanaan ANBK hari kedua yang dipantau pada sesi 1 berjalan lancar, peserta didampingi oleh panitia pelaksana yakni proktor, teknisi, dan pengawas silang dari guru MTs DDI Pacongang  yang juga dipantau langsung oleh Wakamad bidang Kurikulum MTs Negeri Pinrang, H. Suardi.

Sebelum masuk ke ruangan, peserta diberikan arahan oleh Wakamad Kurikulum untuk mengingatkan dalam pelaksanaan ANBK agar dapat mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh dan teliti. Kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama dan masuk ke ruangan dengan teratur.

H. Suardi mengatakan "Pelaksanaan ANBK merupakan salah satu langkah evaluasi bagi sekolah untuk memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang diharapkan. Harapannya bahwa hasil dari ANBK ini dapat mencerminkan kualitas pendidikan yang diberikan dan menjadi dasar bagi perbaikan di masa mendatang," ujarnya.

MTs Negeri Pinrang  terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga kualitas pendidikan dan memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk menunjukkan potensi terbaik mereka.     (Ilham)


Daerah LAINNYA