slot demo mirip asli Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Bone: Persiapan Menuju Perjalanan Suci

Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Bone: Persiapan Menuju Perjalanan Suci

Watampone, (Humas Bone) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone menggelar Pembukaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Bone yang dilaksanakan dengan khidmat di Masjid Agung Al-Maarif Bone. Acara ini menjadi tonggak awal bagi para calon jamaah haji dalam mempersiapkan diri menjelang perjalanan ke Tanah Suci. Kamis (25/4/2024).

Berbagai pihak turut hadir dalam acara pembukaan ini, Mewakil Pj. Bupati Bone, Pj. Sekda Bone A. Gunadil Ukra, Mewakili Kepala Kantor wilayah Kemenag Prov. Sulsel, Kepala bidang Urais dan bimsyar, H. Wahyuddin Hakim, mewakili Kapolres Bone, kabag TU, H. Ali Yafid, Kabud Penyelenggara Haji dan umrah, H. Iqbal Ismail, Plt. Kepala Kantor Kemenag Bone, H. Jamaris, Kabag Kesra Setda Bone, Ketua Baznas Bone, Pimpinan Bank, Kasubag TU, para Kasi dan Penyelenggara Kantor Kemenag Bone Pimpinan KBIHU, para Kepala KUA se-kab. Bone serta para Jamaah Calon Haji Kab. Bone.

Dalam laporannya, H. Jamaris menyampaikan bahwa sebelumnya telah dilaksanakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan di 10 titik dengan total 8 hari pertemuan. Hari ini, dilakukan pembukaan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Bone yang direncanakan akan berlangsung selama 2 kali pertemuan.

Total jumlah calon jamaah haji yang berangkat adalah 820 orang dengan rincian porsi jadi sebanyak 710 orang (pendaftaran Maret - 23 September 2010), tambahan 77 orang lansia (usia 93-86 tahun) dan tambahan 6 orang mutasi dari provinsi lain. Salah satu lansia, Maji Sore Mattari, lahir pada 1 Juli 1930, sedangkan yang termuda berusia 16 tahun, Agskan Pratama, dari Macege, Tanete Riattang Barat. Total pendaftar haji mencapai 27.545 orang dengan waktu tunggu yang cukup lama, sekitar kurang lebih 27 tahun.

Dalam sambutannya, H. Wahyuddin Hakim menyampaikan pesan bahwa kebahagiaan bukanlah hanya saat Allah mengabulkan doa kita, melainkan ketika Allah memberikan pilihan terbaik bagi kita. Ia juga menekankan pentingnya memulai perjalanan ini dengan niat yang ikhlas, serta menjalankan ibadah dengan sabar dan memperbanyak bertaubat.

Pj. Sekda Bone juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji, mengingat pentingnya persiapan yang matang untuk menjalankan ibadah haji dengan baik. Walaupun telah dilaksanakan sebelumnya di kecamatan, namun bimbingan ini sangatlah penting dan harus diikuti dengan penuh perhatian.

Semua peserta diharapkan dapat menjalani bimbingan ini dengan baik sebagai bekal bagi mereka yang akan menjalankan ibadah haji pada tahun ini, dan mereka diminta untuk bersyukur atas kesempatan ini meskipun harus menunggu lama mengingat panjangnya daftar tunggu pendaftar haji di Kabupaten Bone. (Hamid)


Daerah LAINNYA