slot demo mirip asli Semarak Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kemenag Lutra
Kemenag Luwu Utara

Semarak Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kemenag Lutra

Masamba (Humas Lutra) -- Maulid Nabi Muhammad, juga dikenal sebagai Mawlid al-Nabi atau Miladun Nabi, adalah perayaan yang memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang merupakan pendiri agama Islam. Perayaan ini adalah momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Maulid Nabi biasanya jatuh pada tanggal 12 Rabi' al-Awwal dalam penanggalan Islam.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara kali ini dipusatkan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara, Jum’at (13/10/2023).

Para peserta Bunga Male dari tiap KUA Kecamatan dan Madrasah dari berbagai tingkatan menghiasi sisi panggung pelaksanaan melengkapi semarak Perayaan maulid kali ini.

Bunga Male adalah istilah yang digunakan dalam konteks perayaan Maulid Nabi Muhammad. Ini merujuk pada penghiasan dan dekorasi yang sering digunakan dalam perayaan Maulid Nabi. Bunga-bunga male biasanya terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti kertas berwarna, kain, plastik, dan kadang-kadang bahan-bahan lain yang dibentuk menjadi hiasan berbagai bentuk dan ukuran, seringkali dengan tulisan-tulisan atau gambar yang menghormati Nabi Muhammad.

Di awali Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Latifatul Isyarah,Penyuluh Agama Islam Kecamatan Tana Lili,para peserta mendengarkan secara khidmat dan dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Sudarmin Kasi Bimas Islam Kemenag Luwu Utara. Dan berikutnya sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara M.Rusydi Hasyim.

Dalam sambutannya M. Rusydi Hasyim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam mensukseskan acara ini. “ Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN dan Non ASN yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan acara ini, walau dengan waktu persiapan yang singkat, namun acara ini bisa sukses,” ucap Rusydi.

Turut hadir pula Tamu Undangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara Basir, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat ( Kabag Kesra ) Abdul Rauf Gani, yang kebetulan mewakili Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani yang tak sempat hadir karena melaksanakan ibadah Umrah dan para perwakilan BSI, BRI dan Bank Mandiri turut hadir.

Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dibawakan oleh Ust. Taslim, Penyuluh Agama Islam Kota Palopo dengan tema Nabi Muhammad SAW sebagai Uswatun Hasanah dan memiliki Akhlakul Karimah, dimana beliau menjelaskan tentang akhlak Nabi Muhammad SAW baik sebelum dan sesudah kenabian. Beliau juga berpesan bahwa akhlak mulia Nabi Muhammad merupakan landasan bagi umat Islam dalam memahami dan mengikuti nilai-nilai etika dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Beliau adalah teladan yang sempurna dalam berbagai aspek kehidupan, dan ajarannya menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia untuk berusaha mencapai akhlak yang mulia dan mengikuti jejaknya dalam berperilaku.


Daerah LAINNYA