Bulukumba, (Humas Bulukumba) – Menumbuhkan Pendidikan Karakter sekaligus menumbuhkan suasana kekeluargaan di Madrasah ada beragam caranya, termasuk dengan membiasakan berjabat tangan antara siswa dan Guru. Kebiasaan ini dijadikan budaya rutin dilakukan peserta didik dengan Kepala Madrasah serta Guru di MTs Muhammadiyah Bulukumba ketika memulai masuk dan pulang sekolah seperti yang terlihat pada Selasa (19/7/22) seusai melaksanakan pelajaran terakhir saat jam pulang di ruang guru.
Kepala MTs Muhammadiyah Bulukumba, Lukman, pembiasaan ini dilakukan setiap hari sebelum masuk kelas dan sebelum pulang ke rumah masing-masing dengan tujuan menjalin keakraban antara siswa dan guru, serta sesama guru, juga menanamkan sikap hormat kepada guru, membangkitkan semangat siswa, memantau kehadiran siswa, memotivasi siswa lebih disayangi dan dihormati, mengenal karakter atau kepribadian siswa.
“Kebiasaan bersalaman atau berjabatan tangan antara siswa dan guru mencerminkan rasa kekeluargaan di Madrasah ini. Sebagaimana menjadi tugas guru di Madrasah ini, ia juga adalah sebagai orang Tua dari semua peserta didik. Yang namanya orang tua tentunya ada perhatian dan tanggung jawab kepada anak-anaknya,” ujar Lukman.
Sebagai bagian pendidikan karakter, membudayakan bersalaman antara siswa dengan guru, dapat membentuk perilaku yang baik antara anak dengan guru ketika di Madrasah, dan anak dengan orang tuanya ketika berada di rumah.
Lanjut Kepala MTs Muhammadiyah Bulukumba, Lukman, mengatakan, Kebiasan bersalaman atau berjabat tangan antara siswa dengan guru mencerminkan rasa kekeluargaan di sekolah ini.
“Dengan membudayakan bersalaman antara siswa dengan guru ini dapat membentuk karakter dan perilaku yang baik antara anak dengan guru ketika di sekolah, dan anak dengan orang tuanya ketika berada di rumah. Untuk membentuk karakter dan menumbuhkan perilaku baik butuh pembiasaan. Tentunya pembiasaan baik ini juga perlu di lakukan oleh orang tua dan siswa saat di rumah dan lingkungan masing-masing dan bekal siswa di masa mendatang,”ungkapnya. (ARd)