slot demo mirip asli Pendeta Hadiri Acara Buka Bersama di Masjid Tertua di Toraja

Pendeta Hadiri Acara Buka Bersama di Masjid Tertua di Toraja

Tana Toraja, HUMAS SULSEL - Masyarakat Muslim Lembang (Desa) Madandan, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja meggelar acara buka puasa bersama (Bukber) dengan dihadiri tokoh lintas agama, termasuk Pendeta Gereja Toraja, Minggu 6 April 2024.

Dengan menggandeng ICMI Tana Toraja dan PT Malea Energy Hydropower, acara buka puasa bersama ini dipusatkan di Masjid Jami' Madandan, Masjid tertua di Toraja yang dibangun pada tahun 1858, tempat dimana Islam pertama kali masuk di Toraja.

Sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat hadir pada acara ini, diantaranya Ketua MUI Tana Toraja, Ketua PCNU Tana Toraja, Ketua ICMI Tana Toraja, Ketua Wahda Islamiyah, Pengurus Muhammadiyah, Aisyiah,  Ketua YPMT, Pendeta Gereja Toraja, Pendeta Kemah injil, Majelis Gereja Jemaat Bale' Madandan, para Iman masjid se Kec. Rantetayo, Kepala Lembang Madandan, serta para Ketua Majelis Taklim se Kec. Rantetayo.

Ustadz Sampe Baralangi, selaku pengurus masjid Jami Madandan mengungkapkan acara buka puasa bersama ini sekaligus menjadi wadah silaturrahmi lintas agama dimana kegiatan ini telah rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadan.

"Alhamdulillah, silaturrahmi lintas agama di masjid Madandan sudah rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadhan. Tentu ini adalah wujud kerukunan dan moderasi beragama," ucap Sampe Baralangi yang juga menjabat sebagai Kepala Madrasah MTsN 1 Tana Toraja.

Sementara itu, Pendeta Calvin yang juga diundang hadir pada acara ini bersama majelis dan jemaat gereja Madandan menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan buka puasa ini.

"Terima kasih. Atas nama jemaat klasis Madandan kami ucapan selamat  melaksanakan ibadah puasa, dan selamat menyongsong hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H. Mohon maaf lahir batin," ucapnya.

Hal senada disampaikan Pendeta Kemah Injil Toraja, B. Turuk Padang. Dirinya berharap momen silaturrahmi seperti ini tetap terpelihara.

"Semoga momen seperti ini tetap terpelihara untuk mewujudkan kerukunan, kedamaian, dan toleransi dalam nuansa moderasi beragama, khususnya di Lembang Madandan," ujarnya.

Diketahui, Komisaris PT. Malea Energy Hydropower, Victor Datuan Batara telah menyerahkan 1 ekor sapi sebagai sumbangan untuk pelaksanaan acara buka puasa di Masjid Jami Madandan dan 9 Masjid lainnya di Tana Toraja. (Haryati / AB)


Wilayah LAINNYA