Kemenag Sulsel Pantau Hilal di GTC Tanjung Bunga Makassar, Ini Hasilnya

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar, HUMAS SULSEL  ~ Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Selatan melaui Seksi Kemasjidan, Hisab Rukyat, dan Pembinaan Syariah Bidang Urusan Agama Islam (Urais) melaksanakan pemantauan hilal atau rukyatulhilal di rooftop GTC Tanjung Bunga Makassar, Senin sore 12 April 2021.

Kegiatan ini diikuti tidak kurang 40 orang dari berbagai unsur, antara lain Kepala BMKG Makassar, Ketua Badan Hisab Rukyat, para kepala bidang lingkup Kanwil Kemenag Sulsel, para pimpinan Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah dan Wahdah Islamiyah, Biro Kesra Setda Prov. Sulsel, utusan UIN Alaudin Makassar dan para kepala seksi Bimas Islam Kemenag kab./kota se Sulsel.


Berdasarkan data pengamatan dengan menggunakan teropong bintang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, hasil perhitungan  menunjukkan,
1. Matahari terbenam di Makassar tanggal 12 April 2021 terjadi pada pukul 18.03 WITA
2. Tinggi lihat hilai 3° 13' 46'.
3. Azimut matahari 278° 47' 57' dihitung dari Utara ke Selatan.
4. Azimut bulan 277° 05' 16' dihitung dari Utara ke Selatan
5..Posisi hilal 1° 42' 41' sebelah selatan matahari
6. Lama hilal diatas ufuk 0' 14m

Kepala Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel, H.Rappe, mewakili Kakanwil KH. Khaeroni yang tengah berada di Jakarta, usai rukyatulhilal menyampaikan bahwa bidang Urais Kemenag Sulsel diperintahkan untuk melakukan ini bersama bidang Urais Kanwil Kemenag lainnya se Indonesia.

"Ada 87 titik rukyatulhilal di seluruh wilayah Indonesia, mudah-mudahan ada salah satu atau beberapa yang melihatnya. Namun sepanjang sejarah baru satu kali terlihat di Sulsel itupun ketinggian hilal hampir 5 derajat", ucap H.Rappe.


Adapun tahapan penentuan 1 Ramadhan, menurut Kabid Urais ini adalah melalui sidang isbat berdasarkan laporan dari titik-titik pemantauan yang sempat melihat hilal. "Ini yang menjadi dasar bagi pemerintah dalam hal ini Menteri Agama untuk menetapkan dan mengumumkan 1 Ramadhan itu jatuh pada hari apa", ungkapnya.

Dikatakan H. Rappe, dengan merujuk pada data-data perhitungan posisi matahari dan ijtima terbenamnya, disimpulkan bahwa 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa tanggal 13 April 2021 M. (FA/AB)


Wilayah LAINNYA