slot demo mirip asli Gelar BIMWIN, Upaya Cegah Pernikahan Usia Dini

Gelar BIMWIN, Upaya Cegah Pernikahan Usia Dini

Potret Kakan Kemenag Selayar saat membawakan materi pada kegiatan BIMWIN

Benteng (Humas Selayar) Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar, Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah berlangsung, Sabtu (28/05/22). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam. 

Adapun Narasumber pada Bimwin ini adalah Kakan Kemenag Selayar Nur Aswar Badulu membahas materi tentang Pernikahan Dini, dan narasumber Risnawati, salah satu Adminkes Muda Dinas Kesehatan Kab. Kepulauan Selayar membawakan materi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja.

Kakan Kemenag Selayar Nur Aswar pada kesempatannya mengatakan bahwa salah satu dampak dari pernikahan dini adalah rentan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga karena kondisi psikologis yang belum stabil. Menurutnya, kekerasan dalam rumah tangga sering terjadi dalam pernikahan dini karena belum siapnya mental dari kedua pasangan yang menikah untuk menghadapi masalah-masalah yang muncul.

"Untuk itu kegiatan Bimwin ini dilaksanakan dan diperuntukkan bagi remaja agar memahami dampak dan resiko dari pernikahan dini" tutur Nur Aswar.

Sementara itu, Risnawati saat memberikan bimbingan dan arahan mengatakan, menikah diusia dini dapat meningkatkan risiko kesehatan, terlebih pada perempuan. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh yang belum siap untuk melahirkan sehingga berisiko mengalami berbagai komplikasi kesehatan.

Setelah penyampaian materi oleh narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta Bimwin. (na)


Daerah LAINNYA