slot demo mirip asli Genjot Akhir Ramadhan 1445 H, Plt Kepala Madrasah Luncurkan Aplikasi Tadarrus Digital
Humas Kemenag Sinjai

Genjot Akhir Ramadhan 1445 H, Plt Kepala Madrasah Luncurkan Aplikasi Tadarrus Digital

Biji Nangka, Sinjai Borong (Humas Sinjai)- Menghadapi masa libur bagi peserta didik, madrasah berupaya menggenjot motivasi peserta didik untuk lebih intens bersama Alquran membaca dan menghafalkannya. Di samping itu bertepatan dengan 10 (sepuluh) hari terakhir Ramadhan, madrasah mengharapkan peserta didik untuk memanfaatkan kesempatan emas ini untuk menguji sejauh mana tingkat kemampuan dalam membaca Alquran. Maka sejalan dengan ini, Plt Kepala Madrasah, Muhtar berinovasi dengan memunculkan aplikasi tadarrus Alquran, Selasa(2/4/2024)

Bertempat di ruang multimedia, Muhtar mengungkapkan bahwa program Tadarrus Digital ini adalah tindak lanjut dari wacana yg pernah digulirkan pada saat penutupan pesantren Ramadhan. Program ini diperuntukkan terutama untuk siswa dan diharapkan juga partisipasi dari pendidik dan tenaga kependidikan.

Tadarrus Digital memanfaatkan fitur “Reading Progress” pada platform Microsoft Teams. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengoreksi kesesuaian bacaan dan melihat progress perkembangan bacaan Alquran siswa.

Teknik pelaksanaan dari program ini adalah dimana para wali Kelas membuatkan kelas virtual tadarrus digital pada platform Microsoft Teams. Kemudian memasukkan akun-akun siswa ke dalam kelas untuk selanjutnya dibuatkan penugasan dengan mengupload surah-surah pada Juz 30.

Siswa login pada Microsoft Teams dengan menggunakan akun masing-masing dengan domain @mtsn2sinjai.sch.id, lalu kemudian masuk pada kelas tadarrus yangg sudah dibuatkan oleh wali Kelas untuk selanjutnya membuka penugasan yang sudah diberikan. Siswa membuka penugasan surah-surah yang diberikan lalu kemudian secara otomatis sistem akan membuka diri kamera dan voice recorder sehingga siswa bisa membaca Al Qur’an lalu kemudian mengumpulkan hasil rekamannya. Hasil rekaman siswa tersebut akan dikoreksi secara langsung pada fitur Reading Progress dimana akan ditampilkan hasil berupa keakuratan bacaan, pelafalan kata yang benar, pelafalan yang salah dan kata-kata yang susah untuk diucapkan oleh siswa dan akan memunculkan prosentase hasil akhirnya.

Hasil dari fitur Reading Progress ini sangat bermanfaat bagi guru untuk memetakan kemampuan membaca Al Qur’an para siswa. Akun yang digunakan untuk bisa mengakses program ini adalah  menggunakan akun Microsoft 365, dimana MTsN 2 Sinjai sudah melakukan kerjasama dengan Microsoft sejak 2021 dan diberikan akses untuk membuat akun secara gratis sebanyak 1.500.000 akun untuk guru dan siswa dengan domain @mtsn2siniai.sch.id

Lanjut Muhtar, “Diharapkan dengan program “Tadarrus Digital” ini semakin meningkatkan budaya literasi di MTsN 2 Sinjai baik literasi Al Qur’an maupun literasi digitalnya. Dan tentu saja ini dalam rangka untuk mencapai harapan madrasah menuju Madrasah Digital”.(SY)


Daerah LAINNYA