slot demo mirip asli Pelatihan Level A Diikuti Oleh Penyuluh Agama Islam

Pelatihan Level A Diikuti Oleh Penyuluh Agama Islam

Pangkajene (Humas Sidrap) - Pengurus Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Sidenreng Rappang bekerjasama Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Kementerian Agama Kab. Sidrap melaksanakan Pelatihan Level A di Aula Kemenag selama dua hari.(Sabtu-Minggu, 8-9/10/2022)

Ketua Umum DPD-BKPRMI Kab. Sidrap Siswadi melaporkan sebanyak 120 peserta pelatihan yang terdaftar, namun beberapa peserta ada yang batal mengikuti karena ada kegiatan yang bersamaan sehingga pelatihan level A kemungkinan akan dibuka untuk angkatan kedua.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sidrap, Muhammad Idris Usman dalam sambutannya memberikan semangat dan berharap kepada ustadz dan ustadzah agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan tersebut untuk diterapkan di TPA masing-masing.

Kegiatan tersebut bertemakan "Ikhtiar meningkatkan kualitas SDM para guru TKA/TPA, dalam Mewujudkan Generasi Qur'ani di Bumi Nene Mallomo. Pelatihan Level A merupakan pelatihan awal yang diberikan kepada semua guru mengaji di TKA/TPA di Kabupaten Sidenreng Rappang sesuai yang tertera pada Buku Panduan Kurikulum 2020. Pengenalan Huruf Hijaiyyah yang dikupas secara tuntas melalui Buku Iqro'1 sampai Iqro'6 disampaikan oleh pemateri Aisyah yang selaku Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Kab. Sidrap. Beberapa lagu anak-anak yang diubah liriknya sesuai dengan materi ajar sehingga mudah untuk diajarkan kepada santri. 

Kepala Seksi PD-Pontren Kemenag Sidrap Hj. Masrurah Said dalam materinya memaparkan aturan yang saat ini berlaku bahwa setiap lembaga keagamaan, wajib terdaftar di kemenag dan memiliki ijin operasional yang kemudian di lengkapi melalui Sistem Pelayanan Tanda Daftar Pendidikan Al-Qur'an (SIPDAR) dan info selengkapnya dapat dilihat melalui https://sipdarlpq.kemenag.go.id/.

Penyuluh Agama Islam Iin Indriani sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini yang pesertanya dari guru mengaji, metodologi yang dibawakan oleh pemateri Nining bervariasi sehingga santri mendapatkan 5 materi ajar secara tidak langsung dengan metode yang bervariasi setiap harinya.

Direktur Daerah LPPTKA BKPRMI Kab. Sidrap Ismail juga memaparkan program kerja tahun 2023 yakni Pemilihan TPA Teladan, Pemilihan Guru Teladan, Pelatihan Level B, Kemah Santri dan Festival Anak Sholeh Islami (FASI). Pelatihan Level B hanya akan diikuti oleh peserta yang telah mengikuti pelatihan level A. (IND/Kontributor KUA Kec. Panca Lautang)


Daerah LAINNYA