slot demo mirip asli Muh. Tonang Imbau Jemaah Haji Kab. Takalar Miliki Istithaah Pengetahuan Keagamaan

Muh. Tonang Imbau Jemaah Haji Kab. Takalar Miliki Istithaah Pengetahuan Keagamaan

Takalar, HUMAS SULSEL ~ Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Muhammad Tonang mengimbau jemaah haji asal kabupaten Takalar agar memiliki istithaah atau kemampuan pengetahuan keagamaan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Hal tersebut diungkapkan Muh. Tonang dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan manasik haji reguler tingkat kab. Takalar yang digelar di Masjid Agung Takalar, Rabu 17 April 2024.

Istithaah pengetahuan keagamaan ini, kata Muh. Tonang dimaksudkan agar jemaah haji dapat mandiri dalam melaksanakan ibadah haji selama berada di tanah suci mengigat terbatasnya jumlah petugas yang mendampingi.

"Itulah tujuan pelaksanaan manasik  haji reguler ini agar bapak ibu sekalian dibekali pengetahuan dan pemahaman dalam melaksanakan ibadah haji nantinya," ucap Tonang, sapaan akrabnya.

"Jadi selain istithaah secara financial, jemaah juga harus memiliki kemampuan secara fisik dan mental, serta istithaah pengetahuan keagamaan karena itu menyangkut pemahaman mengenai syarat dan rukun haji," sebutnya menambahkan.

Diakhir arahannya, Tonang juga berpesan kepada jemaah haji kab. Takalar agar senantiasa bekerjasama dan menjaga nama baik daerah, bangsa dan negara selama pelaksanaan ibadah haji.

Diketahui, quota jemaah haji kab. Takalar musim haji 1445 H, sebagaimana dilaporkan Kakan Kemenag Kab. Takalar, H. Solihin, sebanyak 272 jemaah, terdiri dari 192 perempuan dan 80 pria.

Adapun jemaah haji kab. Takalar ini tergabung dalam kloter 19 UPG bersama jemaah haji asal kab. Pangkep dan akan diterbangkan ke Bandara King Abdul Azis Jeddah Arab Saudi pada tanggal 24 Mei 2024.

Kegiatan manasik haji reguler tingkat kab. Takalar ini dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Takalar, Setiawan Aswad.

Turut hadir Sekda Kab. Takalar Muh. Hasbi, Forkopimda Kab. Takalar, Kabid PHU Ikbal Ismail, Kakan Kemenag Kab. Takalar H. Solihin, serta sejumlah pimpinan organisasi Keagamaan Kab. Takalar. (AB)


Wilayah LAINNYA