30 April 2018
Pelantikan DPD AGPAII Kota Parepare Dirangkaikan Dengan Peringatan Isra' Mi'raj

Pelantikan DPD AGPAII Kota Parepare Dirangkaikan Dengan Peringatan Isra' Mi'raj

Parepare, (Inmas Parepare) - Setelah melakukan silaturrahmi dan audiens dengan para pejabat Kota Parepare, akhirnya Dewan Pengurus Daerah (DPD) Assosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kota Parepare dilantik oleh Ketua DPW AGPAII Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Ihsan di Gedung Barugae, Rumah Jabatan Walikota Parepare, Kamis (26/4/2018).

Pelantikan Pengurus DPD AGPAII Parepare diketuai H. Muh. Dahlan disaksikan Pjs. Walikota Parepare yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, H. Kadarusman Mengurusi, Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Muhammad Rasbi, Kepala Kantor Kementerian Agama Parepare, H. Husain Abdullah, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, Muhammad Idris Usman serta Pengurus Dewan Pendidikan Kota Parepare, H. Zainal Arifin, Kabag Kesra, Hj. Amina Amin, dan Ketua FKUB Kota Parepare, H. Moh. Djunaid AR.

Dalam amanahnya, Pjs. Walikota yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, H. Kadarusman Mangurusi, menyampaikan bahwa guru Pendidikan Agama Islam mempunyai kontribusi positif terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan di Kota Parepare.

“Pemerintah Kota Parepare saat ini tidak hanya menggalakkan pembangunan di bidang infrastruktur, tetapi juga terus meningkatkan pembangunan di bidang keagamaan untuk mewujudkan kota parepare sebagai kota santri dan ulama. Salah satu bentuk upaya dalam mewujudkan hal itu dengan cara membangun karakter generasi muda”, lanjutnya.

“Kita punya program pendidikan karakter di sekolah. Kemajuan dunia pendidikan dari sisi ilmu pengetahuan harus dibarengi peningkatan keimanan dan akhlak yang baik kepada peserta didik. Siswa yang duduk di kelas VI SD, sebelum tamat diuji dengan Baca Tulis Al-Qur’an, sementara siswa kelas IX SMP diberikan penguatan Pendidikan Karakter berupa Program Pengembangan Religiousitas dengan memasukkan mereka ke Pondok Pesantren selama lima hari dan wajib mengikui semua program pembinaan di Pondok Pesantren tersebut. Semua kegiatan yang dimaksud tidak terlepas dari peran penting Guru Pendidikan Agama Islam”, ucapnya.

Di akhir sambutannya, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare berjanji akan mempertimbangkan dan memperhatikan pesan dari Kabid PAI untuk mengangkat Guru PAI yang memiliki potensi dan kompetensi sebagai kepala sekolah.

Selain dihadiri Pengurus DPD AGPAII dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan, juga hadir sekitar 250 orang anggota AGPAII yang tersebar pada TK/PAUD, SD, SMP dan SMA-SMK se-Kota Parepare. Acara pelantikan Pengurus DPD AGPAII Kota Parepare ini dirangkaikan dengan acara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Materi hikmah Isra’ Mi’raj disampaikan H. Husain Abdullah, Kepala Kementerian Agama Kota Parepare dengan tema “Merawat kemajemukan, menguatkan Pancasila dan NKRI mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin melalui revolusi mental”. (miu/nb/arf)

Dibaca : 1880 kali

0 Komentar