10 September 2018
Bersama Masyarakat, MTs DDI Malongka Pawai Keliling Desa Sambut Tahun Baru Hijriyah

Bersama Masyarakat, MTs DDI Malongka Pawai Keliling Desa Sambut Tahun Baru Hijriyah

Malongka, (Inmas Soppeng) – Memasuki bulan Muharram 1440 Hijriyah, berbagai cara dilakukan umat muslim di seluruh dunia untuk memeriahkan dan menyambutnya. Tak terkecuali Madrasah Tsanawiah (MTs) DDI Malongka Kabupaten Soppeng yang menyambut datangnya tahun baru Islam ini dengan menggelar pawai Hijraturrasul di sekitaran Desa Mariorilau Kecamatan Marioriwawo, Senin (10/9/2018).

Kepala MTs DDI Malongka, Kaharuddin mengatakan kegiatan ini melibatkan siswa (i) Sekolah Dasar yang ada di wilayah Desa Mariorilau ditambah siswa MTs DDI Malongka sendiri. Namun demikian banyak dari guru-guru pendamping bahkan orang tua siswa yang juga ikut pawai keliling Desa, sehingga total peserta secara keseluruhan kurang lebih 300 orang.

Uniknya, para peserta pawai hijraturrasul ini tampak mengenakan busana muslim dan muslimah. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya bagi pelajar menggunakan seragam sekolah.

“Tujuan kegiatan ini pada dasarnya untuk mensosialisasikan pergantian tahun baru Hijriyah kepada masyarakat. Disisi lain makna terpenting yang harus dipahami oleh peserta didik dan masyarakat adalah bagaimana memaknai pergantian tahun baru hijriyah ini sebagai momentum perubahan dari yang tidak baik menjadi baik, serta perubahan dari yang baik menjadi lebih baik” ujarnya.

Lanjut Kaharuddin, insya Allah besok Selasa (11/9) siswa dan masyarakat Desa Mariorilau akan turut memeriahkan Pawai Hijraturrasul Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Soppeng bekerjasama dengan Pemerintah Daerah di Lapangan Gasis Watansoppeng. (afr)

Dibaca : 1480 kali

0 Komentar