Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Parepare Hadiri Rakor Pakem

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Parepare, (Humas Parepare) – Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, M. Hasyim Usman menghadiri Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat (pakem) yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Kota Parepare, Senin (23/11/2020).

Rapat yang berlangsung di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Kota Parepare ini juga dihadiri oleh Ketua dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kepala Badan Kesbangpol, Kabag Kesra, dan Ketua MUI Kota Parepare.

Adapun agenda pembahasan adalah membahas tentang persoalan umat terkait dengan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan (pakem) satu tahun terakhir ini dan langkah-langkah yang akan diambil ke depan untuk mengantisipasi berkembangnya aliran yang ada dan adanya aliran baru yang berkembang di Kota Parepare.

Dalam rapat dibahas langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengantisipasi berkembangnya aliran-aliran baru yang tidak sesuai dengan syariat agama salah satunya adalah dengan meminta kepada Kajari pada rapat di forkopimda agar pemda dapat mengintensifkan peran RT/RW sebagai garda terdepan Pemda dalam mengidentifikasi warga yang masuk dalam suatu aliran kepercayaan atau aliran keagamaan.

Selain itu, langkah yang juga cukup optimal adalah tidak memberikan izin suatu ormas atau organisasi lain, apabila mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang yang tidak terdaftar di kantor Badan Kesbangpol.


Daerah LAINNYA