Baranti (Humas Sidrap) - Sebanyak 18 guru dari MAN Sidenreng Rappang mengikuti Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 Periode ke-2 yang digelar di MAN Sidenreng Rappang pada tanggal 12-13 November 2024.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidenreng Rappang dan dibuka secara resmi oleh Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidenreng Rappang, Mustari, S.P., M.P., dengan didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Dr. H. Umar Yahya, M.Ag.
Dalam sambutannya, Mustari, S.P., M.P menyampaikan bahwa AKGTK merupakan program penting untuk mengukur dan meningkatkan kompetensi para guru dan tenaga kependidikan.
Ia menegaskan bahwa asesmen ini adalah langkah strategis untuk memperkuat kapasitas pendidik, khususnya di lingkungan madrasah, guna menghadapi tantangan pendidikan yang semakin dinamis. "AKGTK menjadi salah satu cara kita memastikan para guru madrasah memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat ini," ujar Mustari.
Sementara itu, Dr. H. Umar Yahya, M.Ag, selaku Kasi Pendidikan Madrasah, mengungkapkan harapannya agar seluruh peserta dapat memanfaatkan asesmen ini sebagai sarana evaluasi diri dan peningkatan profesionalisme. “Kami berharap hasil asesmen ini dapat menjadi cermin bagi guru-guru kita untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah,” ungkapnya.
Sebanyak 18 guru MAN Sidenreng Rappang yang terdiri dari 9 Laki-laki dan 9 Perempuan, tampak antusias mengikuti asesmen yang meliputi berbagai aspek, termasuk kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.
Pelaksanaan AKGTK ini dilakukan dengan berbasis komputer, sehingga peserta dapat menunjukkan kemampuan dan keahlian mereka secara maksimal.
Sebagai tuan rumah, MAN Sidenreng Rappang telah menyiapkan fasilitas dan dukungan teknis untuk memastikan kelancaran acara. Kepala MAN Sidenreng Rappang menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada sekolahnya sebagai lokasi pelaksanaan AKGTK ini. Ia juga berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi para guru di madrasah untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi mereka.
AKGTK Madrasah Tahun 2024 Periode ke-2 ini diharapkan menghasilkan data yang akan menjadi acuan penting dalam pengembangan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Sidenreng Rappang.
Hasil dari asesmen ini nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk penyusunan program peningkatan kualitas pendidikan di madrasah, demi mewujudkan madrasah yang lebih unggul dan berkualitas.(niar)