Pembina Ekskul Tetap Semangat Bina Siswanya Meski Tidak Dilombakan

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Mannaungi, (Humas AlHuda) - Pasca rapat koordinasi dilaksanakan oleh jajaran Kepala madrasah dan dewan pendidik dan kependidikan pada jumat (03/11/2017) di ruangan Guru MTs AlHuda Mannaungi, Beberapa pembina ekskul kembali duduk bersama membahas beberapa hal yang berkaitan dengan hasil rakor tersebut.

Terlihat pembina olahraga Erwin,S.Pd dan Harling,.S.Pd.I serta koordinator olahraga Drs. Saparuddin sedang memperbincangkan salah satu hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Kab. Bulukumba.

Salah satu hal yang dibahas oleh Kepala Madrasah Hj. Murni,S.Ag.M.Pd  dalam rakor ini adalah bahwa hasil rapat rutin Kantor Kementerian Agama Kab. Bulukumba kamis lalu Meniadakan kegiatan perlombaan siswa karena pada kegiatan tersebut akan di fokuskan pada kegiatan pendidik dan pegawai.

Salah satu pembina Ekskul MTs. Al Huda mannaungi Harling,S.Pd.I menerima baik keputusan tersebut. Menurutnya meskipun salah satu motivasi siswa dalam melaksanakan latihan secara rutin adalah karena persiapan dalam mengikuti kegiatan HAB, tetapi yang lebih penting adalah penanaman nilai karakter dalam keolahragaan seperti disipin, kerja keras, kerja sama, dan motivasi kepada peserta didik.

“Apapun keputusan hasil rapat rutin Kemenag Bulukumba, insya Allah itu adalah hasil dari pertimbangan terbaik dan matang. Dan insya Allah kami selaku pembina ekskul akan tetap melaksanakan pembinaan secara optimal. Karena kami selalu teringat arahan kepala madrasah bahwa kegiatan ekskul siswa tidak hanya diperuntukkan untuk sebuah perlombaan tapi lebih pada hal-hal yang yang sifatnya substantif berupa penanaman karakter terhadap siswa kita” ujarnya dengan penuh semangat.

Senada dengan hal itu, pembina ekskul yang lain Erwin,S.Pd. juga menambahkan bahwa terlepas dari tidak adanya kegiatan siswa, pembinaan ekskul harus tetap maksimal karena pembinaan ekstrakurikuler dapat memberikan manfaat yang berguna dalam pembentukan bakat dan minat peserta didik, serta dapat mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, spiritual, sosial, serta pengembangan keterampilan dan kepribadian peserta didik dalam rangka pembentukan SDM yang dapat diandalkan dimasa yang akan datang. (Ilh/arf)


Daerah LAINNYA