Makassar (Humas Makassar) -- Pengawas Pendidikan Agama Kristen (PAK) Kota Makassar, Simon Rumante, menjalankan tugas supervisi akademik di SD Kristen Elim Makassar yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan KM.11 No.128, Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Senin 25 September 2023.
Tujuan utama dari supervisi ini adalah untuk memastikan bahwa pembelajaran di sekolah berjalan dengan baik, dengan fokus pada peran guru dan ketersediaan perangkat pembelajaran yang tersusun dengan baik. Simon Rumante mengungkapkan perlunya supervisi akademik dan pendampingan bagi guru untuk memastikan ketersediaan perangkat pembelajaran, termasuk teknik penyajiannya kepada peserta didik.
Simon Rumante, Pengawas Pendidikan Agama Kristen Kota Makassar, menjelaskan, "Hal ini adalah bagian yang penting dan perlu mendapat perhatian sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pengawas. Untuk itulah, dilaksanakan supervisi akademik di Sekolah Dasar Kristen Elim Makassar."
Sasaran utama supervisi akademik ini adalah mengevaluasi ketersediaan perangkat pembelajaran guru PAK. Selama supervisi, Simon Rumante tidak hanya memeriksa perangkat pembelajaran, tetapi juga melakukan diskusi dengan guru-guru PAK di sekolah tersebut, termasuk Magdalena, S.Th.,Joni Toding Kayang, S.PAK., dan Yersie Demmasita, S.Th., terkait dengan perangkat pembelajaran, asesmen, dan hal-hal terkait dengan implementasi kurikulum merdeka PAK. Selama kegiatan ini, Kepala Sekolah SD Kristen Elim Makassar, Ruth Palamba, S.Pd., juga turut hadir.
Hasil supervisi akademik menunjukkan bahwa semua guru PAK di SD Kristen Elim Makassar telah menyusun perangkat pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan, meskipun masih ada beberapa aspek yang perlu dilengkapi dan diperbaiki.
Pada akhir kegiatan supervisi akademik ini, pengawas PAK memberikan arahan dan masukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran PAK ke depan. Ruth Palamba, Kepala Sekolah SD Kristen Elim Makassar, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan masukan dari pengawas PAK, sambil berharap agar guru-guru PAK tetap konsisten dalam menyusun perangkat pembelajaran dengan baik. (imr)