Peserdik Kelas IV A MIN 7 Bone Menyulap Kertas Warna Menjadi Media Edukatif

Macanang, (Humas Bone) - Peserta didik kelas IV A MIN 7 Bone menunjukkan kreativitas mereka dalam pembelajaran statistika dengan membuat media diagram batang yang menarik yang dilaksanakan di ruang kelas, Sabtu (23/3/2024). 

Dalam proses pembuatannya peserta didik menggunakan bahan sederhana seperti kertas warna dan stik, mereka berhasil membuat visualisasi data yang jelas dan informatif. Proses pembuatan media ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep statistika, tetapi juga memperkuat keterampilan kerja sama dan keterampilan motorik halus.

Guru kelas IV A, Sitti Jumaniati, menyatakan apresiasinya atas partisipasi  peserta didik dalam proses pembelajaran. "Mereka tidak hanya belajar tentang angka dan grafik, tetapi juga belajar untuk berpikir kritis dan menyampaikan informasi dengan cara yang kreatif. Ini adalah pembelajaran yang berharga bagi mereka," ujarnya.

Proses pembuatan media diagram batang oleh peserta didik kelas IV A MIN 7 Bone melibatkan langkah-langkah yang teliti dan kreatif. Mereka mulai dengan memilih data yang akan disajikan dalam diagram, lalu membagi kertas warna menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan jumlah kategori yang ada. Setelah itu, mereka menuliskan atau mencetak angka-angka atau label yang sesuai pada setiap bagian kertas. Selanjutnya, dengan teliti mereka menempelkan stik secara horizontal di atas kertas sebagai representasi grafik batang, sesuai dengan nilai data yang telah mereka tentukan sebelumnya. Dengan penuh semangat dan kerja sama, siswa-siswa tersebut berhasil menciptakan media diagram batang yang informatif dan menarik.

Media diagram batang yang dibuat oleh peserta didik kelas IV A MIN 7 Bone menjadi pusat perhatian selama pembelajaran. Dengan menggunakan warna yang berbeda-beda untuk mewakili setiap kategori data, mereka berhasil mengkomunikasikan informasi secara efektif kepada teman sekelas dan guru.

Pembelajaran ini tidak hanya memberikan pengalaman yang berharga bagi para peserta didik, tetapi juga menunjukkan potensi mereka dalam menggunakan sumber daya yang tersedia untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi. Diharapkan kegiatan semacam ini akan terus mendorong kreativitas dan minat belajar siswa di masa depan. (Andi Alfian/Ahdi)


Daerah LAINNYA