Kegiatan MTsN Gowa

Workshop IKM, Korwas Disdik Gowa Latih Guru MTsN Gowa

Korwas saat memaparkan materi

Bontomarannu (Humas Gowa). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) terselenggara dalam kegiatan MGMP Tingkat Satuan Pendidikan MTsN Gowa, Jumat (11/11/2022).

Salah satu materi dalam kegiatan ini adalah Penyusunan Silabus dan Modul Ajar yang di bawakan oleh Koordinator Pengawas (Korwas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, H.  Syahruddin Idris. Bertindak sebagai moderator, ketua penjamin mutu madrasah H. Khaerun.

Mengawali paparan materi, pria yang akrab disapa pak Udin ini mengatakan, Sekolah/Madrasah perlu miliki dan memahami regulasi terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka. Apa dan bagaimana cara mengimplementasikannya. Selanjutnya ia pun mengurai dengan detail cara penyusunan silabus dan modul ajar Kurikulum Merdeka.

"Silabus menjadi bagian yang sering ditinggalkan, banyak kegiatan penyusunan perangkat ajar langsung menyusun RPP/Skenario pembelajaran atau menurunkan CP (Capaian Pembelajaran) ke Tujuan Pembelajaran kemudian menyusun Modul Ajar," tuturnya.

Agar Modul Ajar yang disusun guru berangkat dari kerangka berpikir yang benar, maka guru perlu dilatih menyusun Silabus sebelum menyusun Modul Ajar.

Ia pun menyampaikan, bahwa pada Kurikulum Merdeka segala hal berkaitan dengan perangkat ajar tidak membakukan sistematiknya dengan tujuan agar guru dapat lebih leluasa dalam berkreasi dan berinovasi.

Pada kesempatan workshop ini sebelum menyusun silabus, guru dipahamkan tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan) sesuai Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022, kemudian Standar Isi sesuai Peremdikbudristek Nomor 7 Tahun 2022 yang memuat ruang lingkup materi, kemudian SK Kabalitbang No. 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran. CP ini sebenarnya diturunkan dari Standar Isi.

Oleh karena itu silabus yang disusun dalam workshop ini diarahkan dengan alur :1) mengutib Ruang lingkup materi dari Standar Isi, 2) mengutib CP sesuai mata pelajaran yang diampu dari SK Kabalitbang No.008/H/KR/2022, 3) mengembangkan Tujuan Pembelajaran berdasarkan CP, 4) menyusun skenario pembelajaran untuk mencapai TP, 5) merancangkan asesmen, 6) menetapkan alokasi waktu, dan 7) menentukan sumber belajar.

Alur ini masih sama seperti kurikulum sebelumnya. Setelah silabus tersusun dilanjutkan dengan mengembangkan modul ajar. Gambaran alur menuju silabus dan bahan untuk meramu menjadi Modul Ajar.(SN/OH)


Daerah LAINNYA