slot demo mirip asli Gegara Lakban, Koper Jemaah Dibongkar Petugas, Kenapa bisa..?
Gegara Lakban, Koper Jemaah Dibongkar Petugas, Kenapa bisa..?

Gegara Lakban, Koper Jemaah Dibongkar Petugas, Kenapa bisa..?

Madinah (Kemenag) -- Kepala Daker Bandara Abdillah menghimbau Jemaah haji yang akan berangkat dari tanah air agar menghindari penggunaan Selotip  atau “lakban” pada barang bawaan yang disimpan di Koper Bagasi atau Kabin, karena berpotensi dibongkar oleh pihak petugas di Bandara.

“Mohon Jemaah haji jangan menggunakan selotip berlebihan di barang bawaan, karena hal tersebut mengundang kecurigaan petugas pemeriksaan barang di XRay Bandara Arab Saudi, kejadian ini hampir terjadi di semua kloter yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah,” ungkap Abdillah

Meskipun faktanya barang yang dibawa oleh jemaah haji tersebut bukan barang yang masuk kategori berbahaya, seperti Mie Instant, Pakaian, sandal bahkan makanan kering, tapi karena luar bungkusannya diselotip berlebihan, akhirnya berujung Tas dan Koper Jemaah dibuka dan dibongkar oleh petugas Bandara, serta menghambat proses pergerakan Jemaah lainnya.

Selain itu, Kadaker Bandara juga mengeluarkan peringatan keras terkait keamanan paspor jemaah haji. Ia mengimbau agar jemaah selalu memegang erat paspornya masing-masing dan tidak menitipkannya kepada orang lain, meskipun orang dekat

"Paspor adalah identitas diri jemaah yang sangat penting. Jangan dititipkan ke orang lain, tetap dipegang masing-masing," ujarnya di Terminal internasional khusus haji Bandara AMMA Madinah, (Selasa 14 Mei 2024)

Peringatan ini dikeluarkan menyusul kejadian di mana paspor jemaah dikumpulkan oleh petugas di dalam pesawat dan kemudian hilang. Hal ini menyebabkan penundaan keberangkatan jemaah ke hotel dan proses imigrasi yang rumit.

Dia menjelaskan, ada salah satu jemaah yang kehilangan paspor pada kedatangan, Senin 13 Mei 2024 malam, Jemaah tersebut akhirnya harus menunggu selama 2 jam di imigrasi untuk diterbitkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) untuk pengganti paspor.

Hal ini menyebabkan jemaah tersebut tertahan dan ketinggalan oleh rombongan yang sudah terlebih dulu menuju hotel.

"Kehilangan paspor akan menyulitkan jemaah," jelas Abdillah. Oleh karena itu, dia mengharapkan jemaah selalu berhati-hati dan menjaga paspornya dengan baik.

"Proses evaluasi 3 hari terakhir menunjukkan bahwa alur kedatangan jemaah haji di bandara berjalan dengan baik," kata Abdillah saat ditemui Tim MCH Daker Bandara

Meskipun ada beberapa kendala, seperti kehilangan paspor, namun hal tersebut telah diatasi dengan cepat.

Hingga saat ini pukul 12.00 waktu Arab Saudi, sudah ada 42 Kloter asal Tanah Air mendarat di Bandara Madinah atau sekitar 16.401 jemaah yang telah memasuki Madinah. Abdillah berharap agar jemaah selalu mengikuti aturan dan menjaga keamanan diri mereka selama di Tanah Suci.

Kadaker Bandara memberikan Tips Aman Menjaga Paspor yakni Selalu pegang erat paspor Anda dan jangan menitipkannya kepada orang lain. Simpan paspor di tempat yang aman, seperti di dalam tas yang selalu Anda bawa. Fotocopy paspor Anda dan simpan fotocopy tersebut di tempat yang aman. Catat nomor paspor Anda dan simpan catatan tersebut di tempat yang aman. Dan segera laporkan kepada petugas jika Anda kehilangan paspor. (Wardy/MCH)


Wilayah LAINNYA