slot demo mirip asli Tiba di Madinah, Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Makassar Langsung Sujud Syukur
Tiba di Madinah, Jemaah Haji Sujud Syukur

Tiba di Madinah, Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Makassar Langsung Sujud Syukur

Madinah (Kemenag Sulsel) -- Jemaah haji Kloter pertama asal Embarkasi Makassar (UPG 01), tiba di Bandara Amin Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, Minggu (12/5) pukul 23.45 Malam waktu Arab Saudi atau pukul 04.45 Subuh waktu Indonesia bagian tengah. 

Kloter pertama Upg yang menumpangi pesawat Garuda GA 1101 berisi 444 jemaah ditambah 5 orang Petugas Kloter, dengan lansia sebanyak 76 orang dan menggunakan kursi roda 14 orang, satu jemaah dinyatakan batal berangkat sejak di Embarkasi Makassar karena positif hamil atas nama Khaulah Syahidah Raja usia 25 tahun asal Makassar

Kedatangan mereka disambut oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aran Saudi Daerah Kerja Bandara yang selalu standby melayani jemaah haji indonesia.

Para Petugas Haji yang menyambut dengan sigap membantu para jemaah. Ada yang menuntut jemaah sampai bis, memayungi, mendorong kursi roda.

Jemaah yang didominasi warga asal Kota Makassar keluar melalui Terminal Internasional khusus Haji,  Tampak wajah-wajah haru dan bahagia dari para jemaah saat pertama kali menginjakan kaki di Tanah Suci. Beberapa terlihat berkaca-kaca, bahkan tidak sedikit diantaranya yang sujud syukur

Kepala Daker Bandara Abdillah  untuk senang melihat penyambutan jemaah kloter Upg 01 yang  berlangsung dengan baik. Mulai dari fasilitas yang diberikan Pemerintah Arab Saudi sampai dengan kesigapan para petugas.

"Alhamdulillah semua berlangsung baik. semua berjalan lancar, semoga bisa terus dipertahankan, dan ditingkatkan" ucapnya.

Abdillah juga berpesan kepada jemaah untuk tidak terlalu memforsir tenaga untuk ibadah yang sifatnya sunnah usai tiba di Madinah. Apalagi, puncak haji saat Armuzna masih berlangsung lama. 

"Ibadah itu bagus, tapi jangan terlalu memforsir fisik yang justru bisa menguras tenaga. Jangan nanti karena terlalu mengejar ibadah yang sunnah, justru menyebabkan kondisi Fisik saat puncak haji menjadi drop," katanya.

Jemaah Kloter Perdana asal Embarkasi Makassar ini selanjutnya menuju Pavillium Tiga Terminal Khusus Haji untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Kota Madinah dengan menumpang  11 bus tepatnya di Al Fairooz Shatta Hotel yang berada di sektor 1 Kota Madinah sampai 9 hari kedepan.

Tim Media Centre Haji (MCH) juga sempat bertemu dengan jemaah haji termuda berusia 18 Tahun yang bernama Rezki Ananda Putri, dimana keberangkatannya menunaikan ibadah haji tahun ini karena menggantikan kuota Ayahnya yang wafat pada tahun 2020.

Dengan mata berkaca kaca, kepada Koordinator MCH Daker Bandara Mawardi, Rezki Ananda Puteri menuturkan perasaan yang campur aduk.

"Disatu sisi, saya merasa senang, diusia saya saat ini sudah diberi kesempatan menunaikan ibadah Haji, tapi disisi lain merasa sedih dan terharu, karena posisi saya yang menggantikan almarhum Ayah, seharusnya Beliau lah yang berangkat berhaji," tuturnya dengan suara tertahan.

Rizki berjanji begitu berkesempatan sholat di Masjid Nabawi dan Depan Kakbah, doa pertama yang akan dilangitkan adalah doa keselamatan untuk Almarhum Ayahnya, semoga seluruh pahala haji saya diberikan kepada Ayah saya," Tutupnya. (Wardy/Mch)


Wilayah LAINNYA