08 Desember 2017
Internalisasi Akhlak Nabi Muhammad SAW Menjadi Salah Satu Hikmah Maulid

Internalisasi Akhlak Nabi Muhammad SAW Menjadi Salah Satu Hikmah Maulid

Bulukumba, ( MTsN 1 Blk ) - Dengan Peringatan maulid Nabi, umat Islam diharapkan  mengingat kembali betapa gigih perjuangan Rasul dalam merintis dan mengembangkan ajaran Islam di tengah tradisi dan budaya Arab yang pada saat itu dalam keadaan jahiliyah.

Satu hal yang harus dilakukan seorang Muslim ketika merayakan maulid Nabi adalah meneladani sikap dan perbuatan, terutama akhlak mulia nan agung dari baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1939 H/2017 M dilaksanakan oleh Panitia hari besar Islam Kab. Bulukumba pada rabu (06/12/2017) di masjid agung kabupaten Bulukumba yang dihadiri ratusan jamaah, termasuk kepala madrasah dan beberapa guru dari MTsN 1 Bulukumba.

Kakan Kemenag Dr. H. Ali Yafid, S. Ag, M. Pd. I selaku ketua harian PHBI melaporkan pelaksanaan peringatan maulid kali ini bertema Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H/2017 M Kita Jadikan Akhlak Rasulullah Sebagai Landasan Untuk Memelihara Kedamaian Dan Keberagaman Dalam Kehidupan  Berbangsa Dan Bernegara.

Kegiatan maulid ini merupakan salah satu program PHBI sebagai bentuk syiar Islam di Bumi Panrita Lopi.

Pembawa Tauziah hikmah maulid Dr. KH. Lukman Arake, MA Pimpinan Pondok Pesantren modern Al- Ikhlas Bone menyampaikan akhlak nabi adalah Al Qur'an.

Dalam tauziyahnya, Dr. KH. Lukman Arake, MA juga menjelaskan saat melantunkan shalawat hendaknya tidak hanya ditujukan kepada fisik maupun keduniawiannya saja tetapi juga menginternalisasikan akhlak Nabi yang begitu agung dan mulia ke dalam diri dan mengamalkannya dalam setiap aspek kehidupan.

Dalam hal ibadah, akhlak mulia dan agung dari Nabi itulah yang harus ditiru, dicontoh dan diteladani, Sebaiknya sebagai umat muslim menjadi umat nabi yang setia dengan mengamalkan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin.

“Islam membawa rahmat bagi alam semesta, bukan hanya umat Muslim saja atau manusia saja, tetapi semua makhluk seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, dan alamnya” terangnya

Dengan adanya pelaksanaan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, manusia atau umat Muslim diharapkan bisa tergugah untuk selalu berikhtiar secara konstan dalam meneladani dan mengamalkan ajaran-ajaran serta akhlak baginda Nabi Muhammad SAW. (Erna/arf)

Dibaca : 1966 kali

0 Komentar