14 Agustus 2019
Kakankemenag Sidrap Harap Suscatin Bisa Cegah KDRT

Kakankemenag Sidrap Harap Suscatin Bisa Cegah KDRT

Pangkajene (Inmas Sidrap) – Memasuki jenjang pernikahan membutuhkan kesiapan lahir dan bathin serta kesiapan mental dalam menjalani bahtera rumah tangga sekali seumur hidup. Untuk  menjalaninya tidak segampang yang dibayangkan, dengan itu perlunya pembelajaran dan bimbingan bagi pasangan yang akan melakukan pernikahan.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidenreng Rappang melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam mengadakan Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) selama  2 hari dengan tujuan agar para calon pengantin dapat menjadikan rumah tangganya Sakinah Mawaddah dengan penuh Rahma. Selasa, 13/8/2019.

Adapun materi yang diberikan antara lain adalah pengetahuan tentang prosedur perkawinan yang tentunya hal utama dilakukan, pengetahuan tentang agama, hak dan kewajiban suami istri, manajemen keluarga dan psikologi perkawinan dan keluarga.

Kursus calon pengantin yang dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabuapten Sidenreng Rappang di buka oleh Kepala Kantor dengan didampingi olek Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H. Muslimin Muchtar,MEI selaku penyelenggara.

H. Irman,S.Ag.,M.Si Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidenreng Rappang yang juga sebagai narasumber memberikan materi dengan judul Hak dan Kewajiban kepada 25 calon pengantin. Dalam pemaparan materinya H. Irman berinteraksi langsung kepada peserta dengan melakukan tanya jawab seputar tujuan perkawinan serta hak dan kewajib an setelah berumah tangga.

Selain berupa materi, bimbinganpun diberikan berupa game yang bertujuan mengiji konsentrasi dan kefokusan para peserta suscatin yang diberikan oleh Kepala KUA Kecamatan Pancarijang dan KUA Kecamatn Baranti yang juga sebagai narasumber.

Menurut H. Muslimin dalam laporannya mengharapkan bahwa perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dapat dicegah oleh para suami-istri yang telah dibekali dengan pengetahuan yang memadai tentang bagaimana menjalankan roda rumah tangga. Suscatin ini juga diselenggarakan berdasarkan landasan hukum Peraturan Direktur Jenderal Bimas Islam Departemen Agama Nomor: DJ.II/491 Tahun 2009.(humsid/wrd)

Dibaca : 36 kali

0 Komentar