20 September 2019
Lomba KTI dan MBK tingkat Nasional resmi ditutup oleh Sekjen Kemenag RI

Lomba KTI dan MBK tingkat Nasional resmi ditutup oleh Sekjen Kemenag RI

Bekasi, (Inmas Makassar) - Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah menggelar Musabaqah Baca Kitab (MBK) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Musabaqah Bahsul Kutub (MBK) Tingkat Nasional Tahun 2019. Acara tersebut dibuka oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, dan ditutup oleh Sekjen Kemenag  M Nur Kholis Setiawan, hari ini, Kamis (19/9) di Hotel Aston Imperial Bekasi. Kepala Bidang Urais Kanwil Sulsel H. Natsir juga hadir dalam penutupan tersebut.

Sebanyak 68 orang penghulu terbaik dari seluruh provinsi bertanding untuk memperebutkan gelar juara. Kepala KUA kecamatan Makassar Dr. Syamsu Alam menjadi wakil Sulawesi Selatan  dalam ajang MBK tersebut. Penampilan Syamsu Alam yang cukup baik dengan nomor urut enam belas tidak mampu meraih nilai maksimal untuk mencapai sepuluh besar sehingga Syamsu Alam mendapatkan beberap catatan sepulang dari ajang bergensi tersebut.

Dengan tema mewujudkan penghulu profesional berintegritas, juara MBK diraih oleh uhammad said wakil dari Sumatera Selatan, posisi kedua Pahrozi dari DKI Jakarta dan Fadli perwakilan Jawa Timur sedangkan untuk LKTI Sabit Mustamil dari DI Jogjakarta menjadi pemenang pertama disusul Taufik Zulfahmi dari Sumatera Barat dan juara tiga adalah Sazral Arfa dari Sulawesi Tenggara.

Kepala KUA mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan semacam ini, lebih mempererat silaturahmi dan tambahnya bahwa betapa kita akan merasa memiliki ilmu yang sangat sedikit dan betapa banyak persoalan dan pengembangan keilmuan di bidangan hukum pernikahan yang sangat perlu dipahami.

Dari penilaian para dewan hakim MBK, Sulawesi Selatan mendapatkan poin yang tertinggi dari seluruh wakil dari dari Indonesia timur. Mendengar info tersebut, Kakan Kemenag H. M. Arsyad AT yang ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa akan bertemu dengan Syamsu Alam untuk berbincang dan sharing agar tahun depan Makassar dapat kembali mewakili Sulawesi Selatan dan nantinya akan meraih juara.

“Saya ingin ketemu dengan pak KUA dan memulai mempersiapkan hal-hal yang perlu disiapkan sehingga kita juga bisa meraih prestasi dalam MBK dan LKTI tingkat Nasional tahun depan.” harapnya. (riz/arf)

Dibaca : 32 kali

0 Komentar