14 September 2018
Masih Dirawat Dua Jemaah Kloter 19 di Makkah

Masih Dirawat Dua Jemaah Kloter 19 di Makkah

Makassar, (Inmas Sulsel). Hingga jadwal tiba kloter 19, Kamis Sore,  13 September 2018, masih terdapat dua jemaah haji yang belum dipulangkan ke tanah air,  pada kloter 19 ini,  berhubung keduanya masih dalam proses perawatan pihak rumah  sakit di Makkah, kedua jemaah itu,  adalah Jaliah asal Kabupaten Luwu,  dan Hamzah asal Kota Makassar, Jemaah kloter 19 ini diterima  PPIH Debarkasi Makassar,  dari pihak Garuda, selanjutnya diserahkan ke petugas daerah masing-masing,  untuk meneruskan perjalanan ke daearahnya.

Kloter 19 ini,  merupakan  gabungan jemaah haji asal Kota Makassar (24), Kabupaten  Luwu (266),  Provinsi  Papua (160),  dan 5 orang petugas Kloter.  H. Kasawad Sartono mewakili PPIH Debarkasi Makassar,  menyerahkan jemaah haji ini, kepada Asisten Pemeriantah Kabupaten Luwu H. Andi Muzakar,   turut hadir perwakilan dari Pemda Papua dan Kota Makassar diwakili Kepala Kantor Kemenag Kota Makkasar, H Nurkhalik.

Jemaah Papua yang merupakan rombongan terakhir atau kloter terakhir,  dari daerah Cenderawasih itu,  masih menginap dua malam di Makassar,  sedangkan jemaah Kabupaten Luwu langsung diberangkatkan dengan menggunakan sejumlah bus  ke Kabupaten Luwu dan dijadwalkan tiba di Belopa, Jumat 14 September 2018 pagi.

Kaswad Sartono dalam sambutan penyerahan mengatakan, jemaah haji ini telah melakukan ibadah di tanah suci,   baik terkait rukun haji, wajib haji,  dan sunah haji. ‘’Tentu ini menjadi kebiasaan yang perlu menjadi pelajaran untuk dilaksanakan atau diteruskan setelah tiba di tanah air,  semoga semuanya  menjadi haji mabrur,’’ tutur Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel itu.

 Sementara itu,  H. Andi Muzakkar,  usai menerima jemaah haji menyatakan syukur kepada Allah Swt., karena di kloter ini,  tidak ada jemaah yang meninggal dunia,  dan semua kembali ke tanah air dengan selamat.

‘’Termasuk yang masih dirawat di tanah suci,  nantinya juga setelah sehat,  akan segera dipulangkan ke tanah air. Semoga semuanya mendapat  predikat haji mabrur,’’  tandasnya. (dir)

  

Dibaca : 317 kali

0 Komentar