14 September 2018
Kagum Pelayanan di Tanah Suci, Jemaah ini Ingin  Naik Haji Lagi

Kagum Pelayanan di Tanah Suci, Jemaah ini Ingin Naik Haji Lagi

Makassar, (Inmas Sulsel).  SEBUT namanya  Hj. Ummi Kalsum binti  Muh. Tawil, jemaah yang satu ini mengaku kagum,  atas pelayanan petugas/panitia di tanah suci. ‘’Wah,  luar biasa,  pelayanan betul-betul bagus,’’ katanya saat diminta tanggapan soal pengalaman melaksanakan haji tahun ini, di Asrama Haji Sudiang, Jumat, 14 September 2018

Berhaji menjadi dambaan semua orang, baik yang baru,  maupun yang sudah pernah melaksanakannya, itu dikarenakan;  Pertama,  pelayanan petugas,  dan didukung ketersediaan fasilitas dan  sarana yang memadai juga.

Kedua, ya, haji merupakan panggilan Baitullah, jadi siapa yang ke sana,  pasti akan merasakan sebuah indahnya beribadah kepada Sang Pencipta.

Ummi Kalsum yang tergabung dalam kloter 20 Debarkasi Makassar ini,  mengaku salut dengan penyelenggaraan haji tahun 1439/1440 ini. ‘’Mulai kita berangkat di asrama haji, di perjalanan, tiba di Tanah Suci hingga kembali ke tanah air, semua serba ok,’’ ucap dia, di sela-sela penyerahan jemaah haji kloter 20 Debarkasi Makassar.

Ummi Kalsum yang kerap disapa Ummi mencontohkan,  pelayanan di perjalanan/pesawat, luar biasa kerja kru pesawat Garuda,  dan petugas yang menyertai perjalanan jemaah haji, layanan-layanan yang diberikan, mulai pelayanan makan, minum, pelayanan toilet,  serta kebutuhan lain yang diperlukan jemaah.

Demikian juga halnya setelah di tanah suci,  petugas dengan tanpa pandang bulu melayani setiap jemaah di bandara, di bus di hotel. Dengan begitu, kesulitan-kesulitan jemaah akan mudah teratasi, jika ada masalah cepat mendapatkan pertolongan/bantuan.

Tidak bisa dijelaskan satu persatu, pokoknya mantap pelayanan teman-teman di sana,  semoga ke depan seperti ini dapat lebih dipertahankan atau ditingkatkan.

Ummi Kalsum yang tahun ini berangkat  bersama suami mengaku,  penyelenggaraan haji berjalan sukses. Ini semua, katanya,  berkat kerja sama semua pihak sehingga terasa ibadah haji cukup sempurna.

‘’Rasanya ingin lagi berangkat ke tanah suci, mudah-mudahan Allah Swt., mengizinkan kita untuk berkunjung lagi ke Baitullah lagi,’’ ujar jemaah yang tergabung dalam rombongan 10,  kloter 20 Debarkasi Makassar ini.

Tentang perjalanan pulang, ke Kendari dari Makassar, serta pelayanan petugas daerah, Ummi Kalsum menilai,  tidak ada masalah. Semua baik dan berjalan lancar.

‘’Saat berangkat tidak ada masalah semua lancar, mudah-mudahan saat kita pulang juga baik, dan selamat tiba di daerah masing-masing,’’ akunya.

Karena pelayanan cukup baik dan memuaskan, maka semua terserah jemaah sendiri, tentu karena pelayanan yang baik,  akan berimbas pada pelaksanaan ibadah sendiri, berhaji dengan baik tentu akan lebih sempurna karena kerapkali hambatan,  atau masalah-masalah tidak ditemukan dalam berhaji ini.  

Tentang pelayanan di Mina, bagaimana? Soal Mina, ya seperti itulah,  keterbatasan fasilitas toilet memang ada dan menyebabkan antrian,  tapi ya itu hanya berlangsung sebentar saja. Kondisinya memang sudah begitu.

‘’Jemaah ditantang pasti untuk lagi-lagi bersabar. Semua butuh kesabaran.  Dan jika bisa bersabar, ya nikmat rasanya ibadah ini dilaksanakan,’’ ucapnya.

 Soal ketersedian makanan?, ya cukup malah berlebih.   ‘’Ketersedian makanan satu contoh misalnya, luar biasa, di mana-mana makanan siap,’’ ucap Ummi yang mengaku tinggal di Kendari Sulawesi Tenggara ini.

Semua puas jika makanan yang disebut. Selain  disiapkan dengan gratis, jemaah juga bisa membeli jika ingin makan atau menu yang beragam. ‘’Semua mantap,’’ kunci Ummi menutup pembicaraannya. (dir)     

           

Dibaca : 1190 kali

0 Komentar