11 Januari 2019
Muhammad Idris Usman: Penghargaan terhadap Staf Menjadi Motivasi dalam Bekerja

Muhammad Idris Usman: Penghargaan terhadap Staf Menjadi Motivasi dalam Bekerja

Parepare, (Inmas Parepare) - Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare, Dr. Muhammad Idris Usman, S.Ag., MA menghadiri sekaligus memberikan tausiyah dalam acara Safari Dzikir Pemerintah dan masyarakat Kota Parepare di Masjid Jabal Rahmah Kelurahan Bukit Indah Kecamatan Soreang Kota Parepare, Kamis (10/1/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, H. Ahmad Taufik Tahir, S.Ag., MM. bersama Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kota Parepare, H. Jami, S.Ag., MA. yang merupakan MC tetap kegiatan zikir tersebut.

Acara ini dihadiri langsung oleh Walikota Parepare, Dr. H. M. Taufan Pawe, SH., MH., beserta Wakil Walikota Parepare, H. Pangerang Rahim dan bertabur pejabat tinggi lingkup Kota Parepare, yakni Sekretaris Daerah Kota Parepare, H. Iwan Asaad, AP., M.Si., sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat Soreang, Lurah, pejabat struktural dan fungsional dalam Lingkup Pemerintah Kota Parepare beserta sejumlah Pejabat dari TNI dan Polri.

Dalam tausiyahnya, Muhammad Idris Usman yang juga Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Parepare menjelaskan salah satu aspek sifat Rasulullah SAW yang suka memberikan pujian atau apresiasi kepada sahabat dan isterinya.

Salah satu bentuk apresiasi itu adalah memanggil nama mereka dengan panggilan yang indah, sahabat Abu Bakar bin Abu Quhafah dipanggil dengan nama ya Shiddiq (wahai orang yang senantiasa membenarkan), Umar bin Khattab dipanggil dengan ya Faruq (wahai orang yang tegas dalam memisahkan antara yang benar dan yang batil).

Dalam sejarah yang paling terkenal adalah panggilan romantis atau panggilan sayang Rasulullah SAW kepada istrinya Aisyah dengan panggilan ya Humaira' (wahai wanita yang kulitnya putih kemerah-merahan).

“Oleh karena itu sebagai umat Rasulullah SAW, seyogyanya juga kita terutama pemimpin memberikan apresiasi kepada bawahan atau staf yang memiliki prestasi atau kemampuan lebih dibandingkan teman sejawatnya. Bentuk Apresiasi berupa ucapan selamat atau memberikan penghargaan baik berupa piagam maupun hadiah sebagai bentuk perhatian khusus seorang pimpinan yang menjadi motivasi dan penyemangat bagi bawahan untuk senantiasa bekerja dan berkarya”, tuturnya.

Mengakhir tausiyahnya, Plt. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah ini tak lupa memuji kinerja Pemerintah Kota Parepare yang senantiasa terus berupaya memajukan kota Parepare dengan terus membangun berbagai infrastruktur dengan tetap mengedepankan pembangunan keumatan sebagai ciri khas Kota Ulama dan Kota Santri.(miu/nb)

Dibaca : 60 kali

0 Komentar