Uluway, (Humas Tana Toraja) - Proses pengerukan dan perataan tanah seluas kurang lebih 300 meter persegi milik Puang Rerung di kaki gunung Sinaji, Lembang (Desa) Uluwai Kecamatan Mengkendek Kab.Tana Toraja yang diwakafkan untuk pembangunan Madrasah Aliyah (MA) Az Zikra mulai dikerjakan, Selasa 23 Februari 2021.



Pengerukan perdana lahan wakaf ini disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tana Toraja, H.Junaidi Mattu beserta Ketua DWP Kemenag Tana Toraja  Ny. Hj.Fatmawaty Junaidi, Ketua BaznasTana Toraja, Ketua BWI Kab. Tana Toraja, Kepala Seksi Pendidiikan Islam Kemenag Tana Toraja serta pengawas madrasah dan pengawas sekolah lingkup Kemenag Tana Toraja.

Hadir pula Kepala Lembang Uluway, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh lintas agama Lembang Uluway.

Puang Rerung, (wakif) yang didaulat menyampaikan pesan sebelum pengerjaan pengerukan dimulai mengungkapkan bahwa sudah sekian lama masyarakat merindukan adanya madrasah aliyah di Uluway.

"Kami dari dulu merindukan adanya sekolah (Madrasah Aliyah) di Uluway ini agar anak-anak kami tidak terbelakang  dan bisa seperti daerah lainnya", kata Puang Rerung.

Sementara itu, Junaidi Mattu dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya serta menaruh hormat serta rasa terima kasih kepada keluarga Puang Rerung yang telah mewakafkan tanahnya untuk pembangunan Madrasah ini.



"Ini berarti bahwa masyarakat Uluway sadar akan pentingnya pendidikan, karena hanya dengan pendidikanlah daerah bahkan bangsa ini bisa maju. Dan kami yakin daerah ini akan maju dan berkembang seperti daerah lain dengan memajukan pendidikan khususnya pendidikan agama", ucap Junaidi Mattu.

Sebelum memukul kentongan bambu tanda dimulainya pengerjaan pengerukan dan perataan tanah lokasi pembangunan madrasah Az Zikra ini, Junaidi Mattu menyerahkan sumbangan awal dari UPZ Kemenag Tana.Toraja sebesar 15 juta rupiah yang diterima langsung oleh H. Aminuddin selaku ketua panitia pembangunan sekaligus sebagai nadzir (pihak penerima wakaf).



Diinformasikan bahwa lokasi pembangunan MA Az Zikra ini berada di kaki Gunung Sinaji yang berjarak sekira 45 kilometer dari Kota Makale ibu kota Kab. Tana Toraja.

Gunung Sinaji ini yang oleh penduduk setempat lebih dikenal dengan sebutan Buntu Sinaji merupakan puncak paling utara pegunungan Latimojong dengan ketinggian 2427 MDPL dan suhu rata-rata 14° C. (SS/AB)

Penulis Andi Baly
Editor Andi Baly.